17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

PIKA PKT Tutup Rangkaian HUT ke-17, Ini Pesan Bakir


PIKA PKT Tutup Rangkaian HUT ke-17, Ini Pesan Bakir
Ketua PIKA PKT, Ira Ahmad Bakir Pasaman memotong kue di acara puncakl HUT PIKA PKT di GOR Pupuk Kaltim, Kamis (19/4/2018). Foto: KLIKBONTANG/Fanny

KLIKBONTANG.COM - Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Kaltim menutup rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 di GOR Pupuk Kaltim, Kamis, 19 April 2018. Acara yang dimulai sekira pukul 07.00 Wita itu diawali dengan jalan sehat kemudian dilanjutkan berbagai kegiatan seremonial ke Gelanggang Olahraga (GOR) PKT.

Memasuki GOR PKT, tampak sebuah outlet menyajikan berbagai buah karya Citra Craft Community. Produk-produk kreatif bidang kerajinan tangan dari anggota PIKA PKT ini dipajang untuk ditawarkan kepada tamu undangan. Para peserta disuguhkan penampilan tarian maumere khas Gawil (Gerakan Wilayah) 7 BSD, juara perlombaan tari PIKA PKT yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Acara berlangsung khidmat. Direktur Utama Pupuk Kaltim, Ahmad Bakir Pasaman diikuti jajaran manajemen perusahaan antusias mengikuti acara organisasi istri beserta keluarga karyawan ini. Turut hadir beberapa perwakilan anak perusahaan serta Ketua Penggerak Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Bontang yang juga sebagai Ketua Penggerak PKK Bontang, Hafidah, istri Wakil Walikota Bontang, Basri Rase.

Momen ini juga dimanfaatkan untuk pemutaran film "PIKA mengajar". Film pendek ini adalah rangkuman berbagai kegiatan yang dilakukan PIKA PKT bersama Departement Corporate Social Responsbility (CSR) Pupuk Kaltim.

Di film tersebut, tergambar pendampingan pendidikan bagi ibu-ibu dan anak-anak yang bermukim di pulau Malahing. Tampak seluruh pengurus PIKA terlibat diberbagai kegiatan peningkatan kualitas pendidikan mayarakat pesisir itu.

Program pendampingan ini diharapkan mampu menjawab persoalan pendidikan di salah satu wilayah pesisir Kota Bontang. Tujuannya, sebagai sharing ilmu atau pembelajaran kreatifitas dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat pesisir.

"Dirgahayu PIKA PKT, selamat ulang tahun yang ke 17. Semoga terus jaya dan dapat mengharumkan nama PIKA PKT terutama Pupuk Kaltim," ucap Bakir dalam sambutannya.

Melalui PIKA PKT, kata Bakir, istri karyawan berperan membantu karir suami. Seorang pemimpin, tidak mungkin menjadi pemimpin tanpa interaksi dengan lingkungan di sekitarnya. Ia memiliki harapan pada puncak perayaan HUT selanjutnya, yang diundang dan dilibatkan bukan hanya isteri karyawannya saja namun juga seluruh karyawan yaang bertindak sebagai suami mereka.

Bagi perusahaan, PIKA PKT merupakan wadah sosial bagi karyawan beserta keluarganya. Fokus berbagai kegiatannya seperti pada bidang sosial, pendidikan dan kemasyarakatan. PIKA PKT saat ini pun sudah sesuai dengan tujuan dasar terbentuknya seperti kegiatan belajar mengajar, pengembangan hard and soft skill seperti make up kecantikan, tari-tarian, dan sebagainya.

"Ini semua adalah aspek sosial. Terpenting anggota PIKA PKT dapat mendukung suami mereka selaku karyawan perusahaan dapat bergaul dengan baik. Dengan itu suasana kerja akan lebih akrab dan cair. Sehingga, akan timbul hubungan persahabatan yang tidak diatur tetapi tetap berinteraksi secara sosial serta natural," urainya.

Terkadang, para suami yang kesehariannya disibukan pada pekerjaan di bidang teknik atau kontrol sangat memungkinkan adanya kejenuhan. Mereka kerap berharap sesampainya di rumah berjumpa dengan pasangannya membicarakan hal-hal baik, berbagi informasi, diskusi tentang berbagai aktifitas terutama kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dilakukan oleh istri pada PIKA PKT.

Dengan demikian, lanjut Bakir, akan terwujud suatu keluarga besar Pupuk Kaltim yang dinamis yang mampu memberikan kenyamanan dalam rumah tangga. "Ibarat wanita, kalau usia 17 kan gadis cantik. Jadi harus lebih cantik. Artinya, diusia ini kami berharap PIKA PKT harus mampu mengembangkan diri dengan berinteraksi dengan unit-unit lain misalnya BUMN bukan hanya di lingkungan sekitar. Ini sangat bagus untuk pengembangan diri maupun karir suami karena mereka bisa bersosialisasi keluar," pesannya.

Sementara Ketua PIKA PKT, Ira Ahmad Bakir Pasaman mengaku hingga saat ini PIKA PKT terus berupaya meningkatkan kualitas anggota serta menggali berbagai potensi yang mampu dijadikan bekal melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Berbagai kegiatan yang dilakukan PIKA PKT, sejatinya untuk mengoptimalkan peran sebagai isteri karyawan sehingga mendukung suami dalam bekerja dan mengabdikan diri di perusahaan. Pada kesempatan itu, tak lupa Ia turut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para pembina PIKA PKT serta panitia penyelenggaraan HUT PIKA PKT ke-17.

"Kami berharap seluruh anggota PIKA PKT dapat lebih cerdas, berpengetahuan luas, saling menghargai, menghormati, bekerjasama dan bahu membahu untuk kemajuan bersama. Semoga Pupuk Kaltim dapat semakin jaya, maju dan memberi banyak manfaat," harapnya.

Senada, Ketua Panitia Perayaan HUT PIKA PKT ke-17, Ina Tedy Nawardin menjelaskan organisasi ini sebagai wadah pemersatu istri karyawan Pupuk Kaltim yang senantiasa memberikan berbagai ilmu pengetahuan positif bagi anggotanya.

Dia menerangkan, pada momen HUT kali ini tema yang diangkat adalah Spirit Togetherness. Hal itu sesuai dengan visi dan misi PIKA PKT, selalu bersemangat dengan kebersamaan. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya Lomba Kreativitas Kreasi Kemasan, Seminar Keluarga, Lomba Bercerita Ayah, Bunda dan Anak, Happy Cooking, Lomba Senam Maumere, Bakti Sosial, hingga kegiatan seperti PIKA PKT Mengajar dan Mewarnai.

Istri Direktur Utama PT Kaltim Daya Mandiri ini turut mengucapkan terima kasih atas seluruh dukungan yang diberikan perusahaan atas berlangsungnya berbagai kegiatan perayaan HUT ke-17 PIKA PKT. "Terima kasih dan penghargaan kepada Pupuk Kaltim, anak perusahaan, JVC, yayasan dan pihak ketiga yang mendukung pelaksanaan acara ini," ujarnya. (INFORIAL)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0