26 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tekan Angka Golput, Penyelenggara Diminta Bekerja Profesional


Tekan Angka Golput, Penyelenggara Diminta Bekerja Profesional
Wawali Basri Rase saat menghadiri rapat pleno terbuka penetapan DPT oleh KPU Bontang.(Humas)

KLIKBONTANG.COM - Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase menghadiri rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang digelar oleh KPU Bontang, Kamis (19/4/2018). Dalam sambutannya, ia berharap angka golput dapat ditekan.

Caranya, dengan memerlukan kecermatan pada proses pemutakhiran data. Baik dari petugas tingkat kota hingga jenjang di bawahnya. Meskipun, tahapan ini telah didukung oleh sistem informasi data pemilih. Dikatakannya, bilamana pemutakhiran data berlangsung baik maka angka yang didapatkan sifatnya valid.

“Tidak ada lagi orang meninggal yang masih terdaftar, orang pindah yang masih terdaftar, atau warga yang tidak memenuhi syarat yang terdaftar sebagai pemilih,” kata Basri.

Menurutnya, angka DPT dapat dijadikan acuan nantinya untuk mengetahui angka masyarakat yang menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS). Termasuk, jumlah masyarakat yang tidak mencoblos saat pemilu berlangsung.

Basri berujar dengan proses pemutakhiran data yang baik pula, target angka partisipasi masyarakat pada pilgub ini dapat tercapai. Adapun jumlah target tersebut ialah 77, 5 persen.

“Tanggung jawab pada pencapaian target bukanlah terletak pada penyelenggara pemilihan, namun pada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada jajaran penyelenggara pemilu untuk bekerja sesuai dengan regulasi. Selain itu, melakukan komunikasi kepada pemerintah daerah mengenai kebutuhan yang dapat difasilitasi. Sepanjang sesuai dengan ketentuan dan kemampuan daerah.

“Kepada KPU dan jajarannya untuk selalu on the right track ketika bekerja,” tuturnya.

Tak luput, ia juga mengajak masyarakat untuk mengawal jalannya pesta demokrasi. Dalam menciptakan iklim kondusif di kota Bontang. Basri berharap pilgub nanti dapat berjalan tertib dan lancar. “Marilah sambut pesta demokrasi ini dengan bergembira. Jangan mau diadu domba, dan jangan mudah terprovokasi,” harapnya.

Basri juga meminta kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk menggunakannya. Dengan menuju TPS di mana warga tersebut terdaftar. “Mari kita datang ke TPS, mari kita pilih pemimpin Kalimantan Timur yang terbaik menurut anda,” tukasnya. (INFORIAL)

Reporter : Humas Pemkot    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0