17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tips Tekno: Merawat Layar Sentuh Smartphone


Tips Tekno: Merawat Layar Sentuh Smartphone
Ilustrasi anak bermain game di smartphone. huffingtonpost.com

KLIKBONTANG.COM - Tips teknologi yang akan dibahas hari ini ialah cara merawat layar sentuh smartpone. Saat ini smartphone menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia, tapi banyak pengguna yang belum bisa merawat perangkat tersebut dengan baik. Layar ponsel pintar akan telihat kotor jika tidak sering dibersihkan.

Redaksi mencoba merangkum tips merawat ponsel pintar dengan layar sentuh dari berbagai sumber. Sehingga ponsel akan tetap terlihat bersih, awet, dan dapat medukung aktivitas keseharian pengguna. Berikut tips tersebut:

1. Pasang Screen Protector
Screen protector atau yang biasa disebut anti-gores dapat melindungi layar smartphone terhadap goresan bahkan benturan. Dengan memasangnya, minimal jika benturan terjadi maka yang tergores atau retak lapisan pelindungnya bukan layar ponsel.

2. Gunakan Softcase atau Hardcase
Beberapa merek telah menyediakan aksesoris softcase disetiap pembelian smartphone baru. Jika anti-gores melindungi layar, softcase dapat melindungi tubuh ponsel. Bahkan, sudah banyak softcase yang disertai dengan penutup layar.

Softcase juga dapat melindungi ponsel dari goresan pada saat menyimpannya ke dalam saku celana ataupun tas. Jika ingin lebih aman, disarankan memakai hardcase yang memiliki bahan lebih tebal.

3. Bersihkan Layar Secara Rutin
Meskipun menggunakan anti-gores dan softcase, smartphone dengan layar yang terbuat dari kaca, akan terlihat kotor jika tidak dibersihkan secara rutin. Bersihkan layar secara rutin dengan menggunakan kain halus atau kain yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

Selain itu, bisa juga menggunaka LCD cleaner, cairan khusus pembersih layar. Jika tidak memungkinkan, bisa menggunakan gel pembersih tangan sebagai alternatifnya. Caranya, dengan menuangkan gel tersebut pada kain, lalu usapkan pada layar secara perlahan.

4. Jangan Menekan Layar Begitu Kuat
Smartphone layar sentuh memiliki sifat sensitif dan responsif. Jadi, jangan menekan layar terlalu kuat saat menggunakan ponsel atau membersihkannya. Karena jika menekan terlalu kencang akan berbahaya bagi panel layar dan dapat mengakibatkan kerusakan.

Jika sudah terlanjur rusak, maka layar LCD harus diganti baru dengan biaya yang tidak sedikit agar berfungsi seperti semula. Itupun kinerjanya tidak akan maksimal seperti sebelum mengalami kerusakan.

5. Jangan Gunakan Kuku
Penggunaan kuku saat mengoperasikan smartphone dapat mengakibatkan goresan. Selain mengakibatkan goresan, jika menggunakan kuku terus menerus maka layar menjadi cepat rusak.

Perlu diketahui, layar sentuh memiliki sistem kapasitif dengan lapisan pembungkus pada permukaanya. Lapisan pembungkus tersebut terbuat dari bahan indium tinoxide yang memiliki arus listrik menuju sensor. Sehingga layar hanya dapat merespon sentuhan jari bukan kuku ataupun benda lain.

6. Jauhkan Smartphone dari Medan Magnet
Disarankan jangan menyimpan smartphone di dekat benda yang mengandung medan magnet, seperti televisi, komputer, radio dan barang elektronik lainnya. Magnet mampu merusak kompenen logam yang terdapat pada ponsel khususnya layar.

Pengaruhnya, jika sering menyimpan didekat benda mengandung medan magnet, layar pada smarphone kualitasnya semakin lama akan memburuk. Layar akan menjadi bergaris atau terlihat titik-titik hitam pada layar. (*)

Reporter : Omar NR | Berbagai Sumber    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0