17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Badak LNG Sigap, Lumpuhkan Tiga Kapal Penyusup


Badak LNG Sigap, Lumpuhkan Tiga Kapal Penyusup
Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar memasangkan pengaman kepada peserta Drill & Exercise ISPS Code, Senin, 14 Mei 2018 pagi tadi. Foto: KLIKBONTANG/Fanny

KLIKBONTANG.COM - Tiga buah kapal atau orang tidak dikenal (OTK) tampak memaksa masuk ke wilayah TUKS LNG & LPG Bontang. Aksi pengejaran, tembak-tembakan hingga pelemparan bom molotov pun terjadi. Dengan menggunakan speed boat, para penyusup ini begitu lincah memaksa masuk area pelabuhan dan menghindar dari kejaran para petugas .

Beruntung, kesigapan dan koordinasi yang baik di berbagai unsur Port Security TUKS LNG & LPG Bontang mampu mengamankan sekitar enam orang sipil. Rupanya mereka adalah rekan dari tersangka pencurian barang milik Badak LNG. Percobaan ini dilakukan sebagai aksi permintaan pembebasan rekannya yang ditawan.

Usut punya usut, berbagai aksi percobaan ini merupakan simulasi penanganan ancaman bahaya di pelabuhan Badak LNG. Ini sebagai upaya menjamin keamanan fasilitas Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) LNG & LPG Bontang PT Pertamina (Persero), Badak LNG melakukan Drill & Exercise ISPS Code, Senin, 14 Mei 2018 pagi tadi.

Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar menjelaskan pelaksanaan Exercise ISPS Code ini sesuai dengan ketentuan International Ship and Port Security Code (ISPS Code) bahwa setiap fasilitas pelabuhan yang telah comply dengan ISPS Code, wajib melaksanakan Drill ISPS Code tiap tiga bulan dan exercise ISPS Code satu tahun sekali atau tidak melebihi 18 bulan dari pelaksanaan sebelumnya.

"Tujuan kegiatan ini untuk menjalin koordinasi personel Badak LNG Bontang dengan instansi terkait. Selain itu sebagai media uji coba jaring komunikasi, kesiapan, kehandalan, serta kemampuan penanganan gangguan atau ancaman keamanan di fasilitas TUKS LNG & LPG Bontang PT Pertamina (Persero)," ucap Gitut dalam sambutannya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini akan terwujud koordinasi yang lebih baik antara Badak LNG dengan unsur Port Security Committe dalam menerapkan ISPS Code di perusahaan.

Gitut berkomitmen akan terus melengkapi kekurangan penerapan sistem ISPS Code di Badak LNG. Disamping itu, Ia menyambut baik usulan agar tak hanya sekuriti pelabuhan yang mengikuti pelatihan ISPS Code ini. Kedepan, Manajemen Badak LNG juga akan turut serta pada pelatihan serupa.

"Terima kasih atas keseriusan dan semangat rekan-rekan yang terlibat pada Drill dan Exercise ISPS Code kali ini. Semoga kekompakan ini dapat berlanjut pada aktivitas harian kita," pesannya.

Pemkot Bontang melalui Wakil Walikota Bontang Basri Rase turut mengapresiasi penyelenggaraan latihan ISPS Code di pelabuhan Badak LNG. 

Diungkapkan Basri, kegiatan ini dapat menjadi upaya pencegahan tindakan-tindakan anarkis dan isu terorisme yang tengah booming di kalangan masyarakat saat ini. "Prinsip kita adalah mencegah daripada mengobati," timpalnya.

Basri mendukung sepenuhnya berbagai upaya yang dilakukan oleh PT Badak NGL dalam hal antisipasi ancaman. Dia berpesan agar terus meningkatkan keamanan di wilayah Badak LNG baik didarat maupun dilaut. Teknologi yang semakin maju, membuat ancaman dapat terjadi kapan dan dimana saja. Jangan sampai para aktivis terorisme memanfaatkan adanya kelengahan dari sistem keamanan yang berlaku di tiap pos keamanan.

Kendati banyak yang menilai prosedur pemeriksaan terhadap tiap tamu atau pengunjung area Badak LNG begitu rumit, kata Basri, hal itu sudah menjadi ketetapan yang harus dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya pencegahan berbagai hal negatif yang mengancam perusahaan.  

Acara ini juga dihadiri Dandim 0908 Bontang Letkol Arh Gunawan Wibisono, Unsur Polres Bontang, Designated Authority Ditjen Perhubungan Laut, Kepala Dinas Perhubungan Bontang Sukardai, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Syahbandar Kelas I Tanjung Laut Kusmadi, Komandan Pos TNI AL M Ronzi, Team Management ISPS Code Fasilitas Pelabuhan Pertamina, serta jajaran manajemen Badak LNG. (INFORIAL)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0