21 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

VIDEO: Detik-Detik Zohri menjadi Manusia Tercepat dari Indonesia


VIDEO: Detik-Detik Zohri menjadi Manusia Tercepat dari Indonesia
Lalu Muhammad Zohri usai seremoni pengalungan medali emas 100 meter putra di World U-20 Championships, Finlandia. (Foto: Dok. Dubes RI di Finlandia, Wiwiek S Firman)

KLIKBONTANG.COM - Tak ada yang pernah menyangka. Seorang remaja berusia 18 tahun asal Indonesia berhasil mencuri perhatian dunia melalui cabang olahraga atletik.

Ya, nama Lalu Muhammad Zohri sontak menjadi perbincangan manakala ia berhasil menjadi juara dunia lari 100 meter putra dalam turnamen bertajuk 'IAAF World Championship U-20'. Berlari di lane 8, Zohri keluar sebagai pelari tercepat dalam lomba yang berlangsung di Kota Tempere, Finlandia, Rabu (11/7/2018) waktu setempat.

Zohri melawan wakil asal Inggris, Dominic Ashwell, Daisuke Miyamoto (Jepang), Michael Stephens (Jamaika), Eric Harrison (Amerika Serikat), Henrik Larsson (Swedia), Thembo Monareng (Afrika Selatan) serta Anthony Schwartz (Amerika Serikat) yang menjadi favorit.

Dari garis lari paling ujung, Zohri lantas mengalahkan tujuh rival lainnya dan tidak tersaingi dengan catatan waktu finis 10,18 detik. Usai dipastikan sebagai juara, atlet kelahiran 1 Juli 2000 itu pun langsung bersujud di trek.

Di Tempere Stadium, Zohri pun sukses membuat kejutan kepada seluruh penonton yang hadir, termasuk kepada komentator turnamen yang tidak memprediksi juara akan lahir dari Indonesia. Bahkan, butuh beberapa saat hingga bendera Merah-Putih bisa diberikan dan menyelimuti tubuh Zohri.

Di final Kejuaraan Dunia U-20 nomor 100 meter putra, ia berhasil melewati Schwartz di tempat kedua yang finis 10,22 (.211) detik dan Harrison di tempat ketiga dengan waktu 10,22 (.220) detik.

Zohri, sprinter asal Lombok, sebelumnya mencatatkan waktu 10,24 detik di semifinal. Sementara, rekor dunia U-20 100 meter putra adalah 9,97 detik dan championship record adalah 10,05 detik. (*)

Reporter : Ramadhan NR    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0