21 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Dialokasikan Rp770 Juta, Ketua RT di Bontang Terima Rp 1 Juta per Bulan


Dialokasikan Rp770 Juta, Ketua RT di Bontang Terima Rp 1 Juta per Bulan
Walikota Bontang, Neni Moerniaeni.

KLIKBONTANG.COM - Rencana Pemerintah Kota Bontang meningkatkan gaji 550 ketua RT se-Kota Bontang akhirnya terwujud. Pemkot mengalokasikan, Rp 770 juta tahun ini untuk membayar ratusan ketua RT, sekretaris dan Bendahara masing-masing RT di Bontang.

Kabar baik ini disampaikan Walikota Bontang, Neni Moerniaeni kepada wartawan saat ditemui beberapa waktu lalu. Neni mengaku, keputusan ini diambil setelah pihaknya menerima usulan ratusan Ketua RT di Bontang.

“Aspirasi mereka setelah saya sesuaikan dengan kondisi keuangan. Makanya saya kabulkan,” ujar Neni kepada wartawan.

Menurutnya, pelayanan pemerintah tingkat paling dasar berada di RT. Layanan administrasi kependudukan, sosialiasi sejumlah kebiajakan pemerintah yang dilakukan oleh mereka. Untuk meningkatkan etos kerja dalam pelayanan. Penambahan insentif Ketua RT diharapkan mampu mendorong perbaikan layanan lebih baik lagi.

Dijelaskan, tahun ini alokasi anggaran dari APBD Kota Bontang dikucurkan sebesar Rp 770 juta. Dana tersebut meliputi gaji 550 orang ketua RT. Masing-masing menerima Rp 1 juta per bulannya. Jumlah ini naik Rp 250 ribu dari upah sebelumnya.

Tak hanya ketua RT, Sekretaris RT pun menerima Rp 250 ribu dan Bendahara Rp 150 ribu. Alokasi anggaran ini diharapkan benar-benar meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jadi setelah kenaikan ini supaya layanannya lebih baik lagi,” ujar Neni.

Dia menambahkan, pemerintah juga berencana membagikan unit komputer jinjing bagi tiap Ketua RT. Fasilitas ini diperuntukkan, agar aparatur dimudahkan dalam proses pelayanan administrasi kepada masyarakat.

Pun demikian, pihaknya masih menghitung beban keuangan daerah untuk merealiasikan program ini. Namun, dirinya optimistis saat APBD Bontang kembali normal (Rp 1,9 Triliun) pemerintah bakal mewujudkan program bagi-bagi laptop untuk ketua RT.

“Kita masih hitung dulu. Karena nanti ada biaya perawatannya dan lain-lain. Kemungkinan bertahap mewujudkannya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0