10 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Segera Urus Kartu Indonesia Pintar, Beasiswa Pendidikan Menanti


Segera Urus Kartu Indonesia Pintar, Beasiswa Pendidikan Menanti
Kepala Disdikbud Bontang, Akhmad Suharto (Dok Klikbontang)

KLIKBONTANG.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang terus mengimbau kepada pelajar di Kota Taman segera mendaftar Program Indonesia Pintar (PIP). Program beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Melansir website indonesiapintar.kemdikbud, sasaran utama PIP ialah peserta didik pemegang KIP, peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus, peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

Berikut jumlah bantuan yang diberikan bagi peserta PIP :

1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun; 

2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun; 

3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun. 

Dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP), bantuan tunai pendidikan kepada anak sekolah berusia 6 - 21 tahun ini diberikan kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas dan korban bencana alam atau musibah.

Kepala Disdikbud Bontang, Akhmad Suharto menerangkan, PIP memang ditujukan bagi siswa kurang mampu. Bantuan dana manfaat diberikan agar siswa berekonomi rendah mendapat dukungan pembiayaan pendidikan secara merata. 

"Untuk PIP masih ada sebagian orang tua murid lambat melakukan pendaftaran. Jadi, kami berharap bisa disegerakan," ujarnya.

KIP diberikan sebagai penanda atau identitas penerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar. Kartu ini memberi jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. Setiap anak penerima bantuan pendidikan PIP hanya berhak mendapatkan 1 (satu) KIP. Siswa harus terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang ada di sekolah masing-masing.

"Program ini dimanfaatkan, siswa berekonomi rendah di Bontang segera daftar agar penerbitan KIP dapat disegerakan dan penyalurannya tepat sasaran," imbaunya.(Inforial)

Reporter : Darwin Tri    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0