15 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pupuk Kaltim Resmikan Area Konservasi di Perairan Tobok Batang


Pupuk Kaltim Resmikan Area Konservasi di Perairan Tobok Batang
Civitas Pupuk Kaltim bersama Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian serta Dinas Lingkungan Hidup foto bersama usai meresmikan area konservasi terumbu buatan Pupuk Kaltim. Kegiatan ini dirangkai aksi bersih-bersih terumbu karang di perairan Tobok Batang. (Foto-Foto: Humas Pupuk Kaltim/Fauzi)

KLIKBONTANG.COM - Dalam rangka menyambut bulan lingkungan hidup tahun 2018, PT Pupuk Kalimantan Timur meresmikan area konservasi terumbu buatan melalui pembersihan terumbu karang di perairan Tobok Batang, Minggu 5 Agustus 2018.

Dipandu Pupuk Kaltim Diving Club, penyelaman ke dasar perairan yang dekat lokasi perusahaan ini bertujuan meninjau perkembangan terumbu buatan yang sudah ditebar beberapa waktu sebelumnya. 

Usai kegiatan, speed boat bergegas membawa rombongan pegiat kepedulian lingkungan ini menuju Keramba Jaring Apung program Creating Share Value (CSV) Pupuk Kaltim. Tempat budidaya berbagai jenis ikan kerapu dan lobster yang dikelola Koperasi Nelayan Bontang Eta Maritim.

"Saya sangat senang sekali, hari ini kita bisa berkarya di bidang lingkungan dibantu unsur Pemkot Bontang," kata Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana.

Pertumbuhan dan kebersihan terumbu karang di area konservasi ini dapat dibuktikan dengan berbagai dokumen visualisasi yang dilakukan humas Pupuk Kaltim. Diakhir sambutan, Ia mengucap terima kasih kepada unsur Pemkot Bontang yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Amir, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Perikanan (DKP3) Aji Erlinawati. 

Aji Erlinawati menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Hal ini menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar perusahaan.

"Kegiatan ini patut kita syukuri sebagai upaya menjaga lingkungan perairan yang ada di sekitar Kota Bontang," ucapnya.

Ia mengatakan kalau lingkungannya bagus, maka akan memberi penghidupan yang baik pula bagi kita. Sebab, jika kita tidak menjaga lingkungan di sekitar maka tidak akan mampu memberikan sesuatu yang positif. Sebab itu ekosistem biota laut yang hidup di perairan perusahaan perlu diperhatikan.

"Mudah-mudahan lokasi ini semakin bagus dan berkembang untuk kelestarian biota laut di sekitarnya," kesannya.

Dukungan sama datang dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang, Agus amir turut menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan acara ini.

"Kita berhasil menelusuri terumbu karang yang ada di bawah. Itu cantik betul," ungkap Agus Amir usai melakukan penyelaman.

Terumbu karang buatan yang ditebar Pupuk Kaltim di Perairan Tobok Batang tampak berkembang baik.

Kata dia, hampir tidak  ditemukan sampah plastik saat penyelaman. Hal ini merupakan kebanggaan karena terumbu karang yang ditebar jauh hari sebelumnya telah berkembang. Sehingga, aksi bersih-bersih ini hanya menemukan pasir yang menempel pada terumbu karang kemudian dibersihkan dengan cara dikipas-kipas.

Hal ini merupakan kebanggan bagi kita, kata Dia, terumbu karang buatan yang ditebar sebelumnya sudah tumbuh berkembang. Ikan-ikan dapat tempat tinggal dengan nyaman pada terumbu karang. (adv)

Reporter : Darwin Tri    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0