12 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pansus Minta Bontang Tak Bergantung Provinsi Urus Banjir


Pansus Minta Bontang Tak Bergantung Provinsi Urus Banjir
Kaharuddin Jaffar (tengah) saat menghadiri rapat kerja Pansus Banjir bersama intansi pemerintah terkait, di Kantor Sekretariat DPRD Bontang, Senin (6/8).

KLIKBONTANG.COM - Pemkot Bontang diminta untuk tak bergantung dengan Pemprov Kaltim terkait penanggulangan banjir di Kota Bontang. Sebab, wacana provinsi bakal membangun bendungan di Suka Rahmat digaungkan sejak 2005 lalu hingga sekarang tak kunjung terealisasi.

“Kita ingat kembali janji Gubernur Awang Faroek Ishak saat terpilih periode pertama bakal membangun bendungan di Suka Rahmat tapi hingga sekarang tak kunjung selesai,” kata Anggota Pansus Banjir, Kaharuddin Jaffar saat menghadiri rapat kerja Pansus Banjir bersama intansi pemerintah terkait, di Kantor Sekretariat DPRD Bontang, Senin (6/8).

Kj-begitu biasa disapa mengatakan Pemkot Bontang diminta untuk tak berharap banyak dari Pemprov Kaltim. Dia mengusulkan agar permasalahan banjir diselesaikan secara mandiri. Alokasi anggaran dari APBD Bontang secara perlahan dilakukan secara berkesinambungan.

Disamping itu, pemerintah pun diminta intens melobi kementerian terkait untuk membantu penanggulangan masalah banjir yang sudah menahun terjadi di Bontang ini.

“Secara bertahap kita bangun infrastruktur untuk penanggalungan masalah banjir. Saya yakin Walikota Neni pun bisa membawa dana dari kementerian ke sini,” ujar Kj.

Senada dengan rekanya, Ketua Pansus Banjir Baktiar Wakkang mengatakan agar dokumen perencanaan master plan terkait penanggulangan banjir di Bontang disempurnakan. Sebab, untuk mendapat dukungan anggaran dari kementerian dipelukan dokumen perencanaan yang matang.

Untuk itu, dia meminta Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKP2) bersinergi dengan Badan Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) serta Dinas Pekerjaan Umum (PU) dalam penyusunan program kerja pengentasan masalah banjir di Bontang.

“Saya minta supaya koordinasi lintas OPD ini benar-benar terjalin agar penyusunan program kerja tepat sasaran,” ujar Baktiar.

Dia menambahkan, rencana kerja Pemkot Bontang dalam program penanggulangan banjir harus komprehensif. Sebagai langkah awal, masing-masing OPD menyusun program kerja jangka pendek dan menengah untuk dilaporkan ke pansus. Nantinya, pihaknya bakal menyampaikan hasil rekomendasi pansus banjir secara langsung kepada Gubernur Terpilih, Isran Noor.

“Saya sepakat dengan pak Kahar-Kj agar pemerintah mandiri mengatasi isu banjir ini. Sebab, pembangunan bendungan di Suka Rahmat masih harus menyelesaikan urusan izin yang tak sebentar,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0