25 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Diduga Korsleting, Tugboat Terbakar di Perairan Tanjung Bara Kutim


Diduga Korsleting, Tugboat Terbakar di Perairan Tanjung Bara Kutim
Tugboat bernama lambung Trans Power 204, terbakar di perairan Tanjung Bara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. (FOTO: BASARNAS)

KLIKBONTANG.COM - Tugboat bernama lambung Trans Power 204, terbakar di perairan Tanjung Bara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Sepuluh anak buah kapal (ABK), termasuk kapten kapal, berhasil dievakuasi.

Peristiwa itu, terjadi Rabu (15/8) malam, sekira pukul 22.30 WITA. Dari keterangan kapten kapal tugboat, Edison Kaumbur kepada personel Basarnas pos SAR Sangatta, awalnya ABK hendak melepas jangkar. Saat melepas jangkar, terdengar suara mesin tidak biasa, disertai api dan kepulan asap tebal.

Peristiwa di atas tugboat itu pun diketahui ABK lainnya. Dam agar bergegas melakukan pemadaman.

"Dari keterangan kapten kapal, ada kejadian di kamar mesin, ada korsleting di mesin," kata Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kaltim-Kaltara, Octavianto, Kamis (16/8).

Namun demikian, disebabkan upaya pemadaman di atas kapal, dilakukan menggunakan peralatan yang tidak sesuai, mengakibatkan kobaran api terus membesar.

Semua ABK kemudian meminta pertolongan kapal terdekat yang melintas di perairan yang sama. Sepuluh ABK, dievakuasi ke tugboat Rimau 1606 ke daratan, ke pos untuk dimintai keterangan.

Sampai dengan pukul 09.00 WITA pagi tadi, lanjut Octavianto, kepulan asap tebal masih terlihat di atas tugboat Trans Power 204. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan kapal pemadam milik perusahaan batubara.

"Karena kapal berbahan baja dan ada yang terbakar, terus mengeluarkan asap tebal. Api benar-benar bisa dipadamkan sebelum tengah hari tadi," tambah Octavianto.

"Belum dapat informasi rinci tugboat itu dari mana mau kemana. Yang jelas, kami dapat info itu jam 8 pagi tadi, kemudian pos SAR Sangatta ke lokasi perairan Tanjung Bara," kata dia.

Berikut identitas ABK tugboat Trans Power 204 :
1. Edison Kaumbur (Capten)
2. Karyadi (KKM)
3. Teguh (Chief Officer)
4. Erwin (Masinis I)
5. Zulhan (Masinis II)
6. Panji (Mualim II)
7. Henly Waro (Juru Mudi)
8. Ripol (Juru Mudi)
9. Mike (Juru Mudi)
10. Syahril (Olimen)

Reporter : Omar NR     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0