21 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

SIM Gratis bagi Anda yang Lahir 17 Agustus


SIM Gratis bagi Anda yang Lahir 17 Agustus
Ilustrasi pembuatan SIM.

KLIKBONTANG.COM - Beragam cara dilakukan masyarakat untuk menyemarakkan HUT Indonesia ke-73. Seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Karimun, Kepulauan Riau menawarkan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru secara gratis kepada warga yang lahir pada 17 Agustus.

Kasat Lantas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy mengatakan, pembuatan SIM gratis tersebut dilakukan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). "Bagi yang lahir 17 Agustus, silakan datang ke Satpas Polres Karimun. Berlaku sampai 16 Agustus," kata dia di Tanjung Balai Karimun, Selasa, 14 Agustus 2018, dilansir Antara.

Fazrial mengatakan, pembuatan SIM gratis baru ini berlaku khusus untuk warga Karimun yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) yang asli. Selain itu syarat dan ketentuan pengurusan dan pembuatan SIM tetap berlaku.

"Seperti, melampirkan surat keterangan sehat dan jasmani dan lulus ujian teori dan praktek berkendara," kata dia.

Pembuatan SIM gratis tersebut, menurut dia, bertujuan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Di samping itu, kata dia, pengurusan SIM gratis tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan di kalangan masyarakat, khususnya bagi para pengendara.

Dia berharap program pembuatan SIM gratis ini turut mendukung terciptanya keamanan, ketertiban, kelancaran dan keselamatan berlalu lintas.

"Kita berharap warga yang mengikuti program ini menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," kata dia.

Dia menambahkan, Satlantas Polres Karimun gencar menyosialisasikan aturan berlalu lintas dengan berbagai kesempatan dan kegiatan.

Momentum HUT Kemerdekaan RI yang ke-73, menurut dia, cukup tepat dimanfaatkan untuk mengkampanyekan keselamatan dan taat aturan berlalu lintas di tengah-tengah masyarakat.

"Warga kelahiran 17 Agustus patut bersyukur karena pada hari itu merupakan hari kemerdekaan negara," kata dia.

Layanan SIM gratis tersebut diapresiasi warga Tanjung Balai Karimun. Haryono, misalnya. "Program yang bagus bertepatan dengan HUT RI ke-73. Sayangnya, saya tidak lahir pada 17 Agustus. Kalau tidak, saya juga ikut mendaftar," ujarnya. (*)

Reporter : Omar NR | Antara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0