18 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jualan di Badan Jalan, Oknum Pedagang Diberi Waktu Sepekan Kosongkan Lokasi


Jualan di Badan Jalan, Oknum Pedagang Diberi Waktu Sepekan  Kosongkan Lokasi
Tim gabungan memberikan teguran dan surat peringatan kepada oknum pedagang yang berjualan di trotoar Jalan KS Tubun, Jumat 31 Agustus 2018.

KLIKBONTANG.COM - Protes Asosiasi Pedagang Pasar Rawa Indah atas kehadiran pedagang yang berjualan di badan jalan dan trotoar ditindaklanjuti pemerintah. Tim Kota Penertiban dan Penataan Pasar  mendatangi Pasar Rawa Indah. Tim dipimpin Assiten II Administrasi Sekretariat Daerah  Bontang, Zulkifli didampingi Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM, Asdar Ibrahim memberikan teguran tertulis kepada pedagang nakal, Jumat (31/8). 

“Total pedagang yang berjualan di atas trotoar bahkan hingga ke badan jalan ada 65 lapak. Lokasi berjualan mereka sekitar 100 meter di badan jalan,” ujar Kadis Diskopdag & UMKM Asdar kepada wartawan seusai pemberian teguran tertulis. 

Asdar menjelaskan, penertiban dan penataan pasar menyesuaikan prosesur penanganan masalah lapangan. Surat teguran diberikan secara berjenjang. Surat teguran pertama berlaku selama 3 hari, begitupun dengan surat teguran selanjutnya hingga surat teguran ke-3. 

 “Isi suratnya pengosongan lapak yang berjualan di atas trotoar dan badan jalan,” katanya. 

Untuk sikap pemerintah selanjutnya, baru akan diputuskan usai rapat tim kota bersama stakeholder terkait, seperti Polres Bontang, Dandim dan Asosiasi Pedagang Pasar Rawa Indah pada Selasa (4/9) mendatang. 

Dari hasil rapat tersebut, menjadi rekomendasi sikap yang harus diambil pemerintah. “Hingga peringatan terakhir nanti jika tetap tak diindahkan, harus ditertibkan,” ungkap dia. 

Disinggung mengenai, lokasi para pedagang pasca penertiban. Asdar mengatakan mereka diminta untuk kembali berjualan di dalam pasar sementara. Sebab, dari informasi diterima para pedagang ini dulunya berjulan di dalam pasar sementara. Namun, memutuskan untuk keluar dan menempati trotoar dan badan jalan. 

“Nanti kami akan pasang plang larangan berjualan di sepanjang jalan KS Tubun (Pasar Rawa Indah),” pungkasnya. (*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0