21 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Anak Jarang Sakit, Ternyata Ini Rahasianya


Anak Jarang Sakit, Ternyata Ini Rahasianya
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KLIKBONTANG.COM - Pada anak usia di bawah 5 tahun, penyakit seringkali datang silih berganti. Batuk, pilek, diare, demam dan penyakit lainnya. Hal ini tentu bisa membuat pertumbuhan dan perkembangannya jadi tidak optimal.

Ternyata ada trik khusus agar anak tidak mudah terpapar dan tertular penyakit. Ketahuinya caranya dan segera terapkan pada buah hati.

- Selalu cuci tangan
Ajarkan anak untuk cuci tangan dengan baik. Menggunakan air yang mengalir dan sabun antiseptik. Selalu ingatkan anak untuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan, termasuk setelah dari kamar mandi. Bentuklah kebiasaan. Rutin mencuci tangan bisa mengurangi risiko tertular virus dan bakteri hingga 50 persen.

- Aktif setiap hari
Jangan melarang anak untuk bermain di luar setiap hari. Justru pastikan ia banyak bermain di luar rumah. Jatuh ke tanah, memungut daun, bermain dengan teman sebaya. Hal ini akan membuat sistem imunitasnya jadi lebih aktif.

- Tidur berkualitas
Hal yang juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak adalah memastikannya tidur dengan berkualitas. Baik itu tidur siang maupun malam hari. Perhatikan kebiasaan tidurnya, suhu, pakaian yang dikenakan hingga ritual jelang tidur. Buatlah si kecil tidur dengan nyenyak dan nyaman.

- Vaksin flu
Jika memang memiliki anggara lebih untuk vaksin, tak ada salahnya untuk vaksin flu si kecil. Vaksin ini memang tak bisa menangkal semua jenis flu, tapi setidaknya bisa mengurangi kemungkinan si kecil mengalami flu yang sangat menganggu. (*)


Sumber: Parents

Reporter : Omar NR    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0