22 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Swalayan Gratis untuk Pengungsi Gempa Palu di Balikpapan


Swalayan Gratis untuk Pengungsi Gempa Palu di Balikpapan
Para pengungsi Palu tiba di Balikpapan, beberapa waktu lalu.

KLIKBONTANG.COM - Ada pemandangan berbeda di posko pengungsian Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Dhomber Balikpapan, Kalimantan. Tak seperti pengungsian biasa, posko yang menampung korban gempa Palu ini dilengkapi pemandangan kios-kios toserba atau toko serba ada.

"Semua barang-barang yang disediakan di kios ala toserba ini gratis," ujar Karuops Kapten Mulyono saat ditemui di Lanud Dhomber Balikpapan, Senin, 15 Oktober 2018.

Toserba ini dibagi atas beberapa tenan. Masing-masing tenan dijaga oleh dinas. Di antaranya Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan. Adapun barang-barang bantuan berasal dari masyarakat dan perusahaan swasta.

Layaknya swalayan, para pengungsi bisa memilih sendiri barang-barang kebutuhannya. Di tenda yang menyediakan sumbangan pakaian layak pakai, baju-baju digantung bak di toko-toko. Akibatnya, beberapa pengungsi sempat mengira barang tersebut dijual.

Para penjaga tenan akan menjelaskan bahwa untuk mendapatkan baju-baju itu, mereka bisa memilih sendiri tanpa syarat khusus. Tulisan "gratis" juga telah digantung.

Pegawai Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Kusniwati mengatakan rata-rata pengungsi memilih pakaian untuk dipakai sehari-hari. Meski, ada baju-baju pesta dan kebaya pula yang disediakan di sana.

"Laris juga baju anak-anak dan celana dalam berbagai ukuran," ujarnya. Khusus dua jenis pakaian ini, posko menyediakan stok baru. Artinya, baju anak-anak dan celana dalam dipastikan bukan barang bekas.

Penataan pakaian ala swalayan ini dilakukan mulai 2 Oktober lalu. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian pengungsi. Tiap hari, belasan pengungsi mengambil baju yang dibutuhkan. Rata-rata seorang mengambil 5 baju. Tenda yang menyediakan baju bekas ini buka selama 24 jam. (*)

Reporter : Inara Dafina    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0