22 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Smart Center Diluncurkan, Neni: Jangan Jual Produk Luar Bontang!


Smart Center Diluncurkan, Neni: Jangan Jual Produk Luar Bontang!
Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni melihat produk-produk lokal Bontang di Smart Center usai meluncurkannya, Selasa (6/11) pagi. (KLIKBONTANG/ALPIANA)

KLIKBONTANG.COM -- Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang meluncurkan Sentra Usaha Mikro e-Warong Mart (SMART). Peluncuran ini dilakukan langsung Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni di UMKM Center, Jalan MT Haryono, Kota Bontang, Selasa (6/11) pagi.

Inovasi wadah pelayanan hasil kolaborasi antara Diskop UKMP dan Dinas Sosial. Tujuannya sebagai wadah untuk pengembangan usaha kecil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengentasan kemiskinan di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni pun mengapresiasi SMART ini. Selain wadah bagi pelaku usaha mikro untuk memajang dan mempromosikan produk lokal, Smart Center juga memiliki e-Warung Mart yang merupakan bagian dari program pemerintah bagi keluarga harapan.

"Semoga kedua kegiatan ini bisa berjalan harmonis karena tujuan akhir keduanya adalah peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat Kota Taman," katanya.

Neni pun mengimbau pelaku usaha agar bisa kreatif dan inovatif dalam menjalankan usahanya tanpa mengabaikan kualitas produknya. Ia pun menegaskan jika Smart Center hanya boleh menjual produk lokal Bontang, tidak mengambil barang di kota Lain. Hal ini dilakukan untuk menghidupkan produk khas Kota Taman.

Sementara, Asdar Ibrahim, Kepala Diskop-UKMP Bontang menganggap SMART perlu didirikan, sebab kini sudah ada 20.792 pelaku usaha di Kota Bontang. Puluhan ribu wirausahawan ini perlu mendapatkan dukungan dari Pemkot Bontang, salah satunya menyediakan wadah khusus agar hasil olahan tangan pelaku UMKM bisa terjual maksimal.

Sebagai upaya pemasarannya, Diskop-UKMP bekerja sama dengan JNE sebagai digital marketing. Lanjut Asdar, sudah ada 99 produk pelaku UMKM masuk di aplikasi E-Katalog pusat oleh-oleh Nusantara. Ini bisa memudahkan siapa saja mencari oleh-oleh khas Bontang.

"Selain itu, di lantai dasar gedung Smart Center, kami juga sediakan jasa pengiriman JNE. Ini bisa memudahkan tamu membeli oleh-oleh khas Bontang dengan porsi banyak. Tidak repot membawa belanjaan pulang ke rumah, karena bisa langsung kirim lewat JNE yang kami siapkan," tambah Asdar.

Tidak hanya ditujukan untuk para pelaku usaha mikro, Smart Center yang berpusat di Jalan MT Haryono, nomor 86 Bontang Utara atau depan Rudal ini memiliki e-warong di lantai dua. E-warong adalah salah satu program rancangan Dinas Sosial untuk membantu masyarakat menengah ke bawah. E-warong tersebut akan menggandeng perusahaan grosir yang ada di Bontang untuk memasok barang kebutuhan masyarakat.

Asdar menjelaskan, e-warong didesain persis dengan toko modern pada umumnya. Tempat ini bisa menjadi alternatif baru untuk mencari kebutuhan pokok. Sebab, masyarakat berekonomi menengah ke bawah bakal menjadi prioritas.

Selain di pusat Kota Bontang, Smart Center juga ada di berbagai titik lainnya, bisa dijumpai di Kelurahan Api-Api, Lok Tuan, Kanaan , Berbas Pantai, Berebas Tengah, Tanjung Laut dekat mesjid Agung, kemudian area Pelabuhan Tanjung Laut Indah, dan Bontang Lestari.

"Kedepannya pihak pemerintah berharap pelaku usaha mikro memiliki daya saing lebih baik, selanjutnya pelayanan pengentasan kemiskinan bisa terselesaikan dan masyarakat Bontang juga lebih banyak pilihan tempat untuk berbelanja," harap Asdar. (INFORIAL)

Reporter : Alpiana    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0