22 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ribuan Warga Lebih Memerlukan Hutan Wanatirta


Ribuan Warga Lebih Memerlukan Hutan Wanatirta
Sekretaris Kahmi Bontang Junaedi

KLIKBONTANG.com - Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) ikut angkat suara terkait polemik Hutan Wanatirta. Ada banyak kerugian yang akan ditimbulkan ketika salah satu dari sedikit hutan kota di Bontang itu diterabas. Salah satunya yang akan sangat berdampak adalah ketersediaan air bersih. 

Sekretaris Kahmi Bontang Junaedi menyebutkan, saat ini Bontang masih sangat mengandalkan air tanah untuk memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warganya. Nah, untuk memastikan kualitas air tanah tetap terjaga, dibutuhkan hutan yang berfungsi sebagai penangkap air. Wanatirta merupakan kawasan penangkap air di Bontang. 

“Jangan karena keegoisan perusahaan, ribuan warga yang akan terkena dampaknya. Warga Bontang memerlukan hutan itu, bukan saja sebagai kawasan tangkapan air, tapi juga sebagai penghasil oksigen,” kata Junaedi. 

Ditambahkannya, Bontang adalah daerah dengan luasan paling kecil di Kalimantan Timur (Kaltim). Kawasan permukiman dikepung dengan areal milik perusahaan dan daerah lain. Hutan lindung Bontang yang berbatasan dengan Kutai Timur dan Kutai Kartanegara juga terus mengalami penyusutan. Jadi, sekecil apapun ruang hijau, sangat dibutuhkan untuk terus memelihara kualtas udara. 

“Ini hajat hidup orang banyak. Perusahaan harus mendengarkan masukan dan kebutuhan hidup dari orang banyak. Warga lebih membutuhkan mandaat dari hutan itu tetap ada,” ucapnya. (*)

Reporter : Darwintoro    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0