15 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tronton Tabrak Lima Kendaraan di Jalan Poros Samarinda-Balikpapan


Tronton Tabrak Lima Kendaraan di Jalan Poros Samarinda-Balikpapan
Kecelakaan beruntun di Jalan poros kilometer 30-35 Samarinda-Balikpapan sekira pukul 14.15 Wita, Ahad (18/11). (IST)

KLIKBONTANG.com -- Jalan poros kilometer 30-35 Samarinda-Balikpapan, tepatnya di Desa Batuah, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur makan korban. Lima kendaraan terlibat kecelakaan beruntun. Diantaranya, truk, bus, dan mobil, sekira pukul 14.15 Wita, Ahad (18/11).

Truk trailer yang melaju dari arah Balikpapan ke Samarinda, diduga mengalami rem blong dan menghantam kendaraan di depannya. Tak pelak, kendaraan lain di belakang ikut menabrak truk itu. Bahkan, satu pemotor mengalami luka-luka akibat kecelakaan itu.

Peristiwa itu membuat warga desa berkerumun dan mencoba menyelamatkan penumpang serta pengemudi kendaraan yang mengalami luka serius. Kendaraan dari kedua arah, baik dari Samarinda menuju Balikpapan, maupun sebaliknya mengalami kemacetan panjang hingga berjam-jam.

"Rem truk blong. Iya, ada korban yang luka-luka," kata Firdan (42), salah satu pengguna jalan yang terjebak macet.

Ambulan yang tiba di lokasi, bergegas membawa korban yang mengalami luka-luka, ke rumah sakit terdekat, di RS IA Moeis, di Jalan AM Rifaddin, Samarinda.

Fauzi Rahman (36), sopir mobil yang juga terlibat dalam kecelakaan itu, mengaku hingga saat ini tubuhnya masih gemetaran. Kendati tidak mengalami luka-luka, namun dirinya cukup trauma dengan kejadian tersebut.

"Saya lihat dari jauh truk itu memang laju dari atas (tanjakan), lalu menabrak kendaraan didepannya, termasuk mobil saya dan mobil di belakang, karena saat itu sopir truk sempat membanting stir ke kanan," jelasnya.

Fauzi berkendara dari Tenggarong menuju Balikpapan guna menjemput rombongan pimpinan perusahaan tempat dirinya bekerja di bandara. "Mau jemput bos di bandara, tapi saya sudah lapor ke kantor kalau ada kecelakaan," ucapnya.

Kanit Laka, Satlantas Polres Kutai Kartanegara, Iptu Basuki, menjelaskan, kecelakaan terjadi akibat pengemudi truk tronton bermuatan alat berat tidak dapat mengendalikan truknya saat menuruni tanjakan. Akibat hal itu, truk menabrak tiga kendaraan sekaligus di depannya, di antaranya pikap hitam, motor (KT 3493 MC), dan truk tronton lainnya (B 9248 BYZ).

Tidak hanya kendaraan yang berada di depan truk tronton saja, namun juga dua mobil lainnya yang berada di jalur berlawanan, yakni mobil box (KT 8 US) dan mobil warna (KT 1086 RI). "Sopir tidak bisa antisipasi saat truk menuruni tanjakan, lalu terjadi tabrakan beruntun," ucapnya, Minggu (18/11/2018).

Dari laporan yang didapatkannya, terdapat tiga korban luka yang dilarikan ke rumah sakit di Samarinda, yakni pengendara motor, serta sopir dan penumpang pikap. "Satu luka berat, tapi dua lainnya saat ini juga masih di observasi di rumah sakit," jelasnya.

Dia tidak pungkuri, akibat kejadian itu terjadi kemacetan cukup panjang dari dua arah berlawanan, yakni dari arah Balikpapan kemacetan terjadi sejak KM 51, sedangkan dari arah Samarinda dimulai sejak KM 23.

"Muatan truk sudah dipindahkan, tapi truk dan kendaraan lainnya masih di tepi jalan. Sekarang mulai lancar lagi lalu lintas," terangnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Kutai Kartanegara, AKP Ramadhanil membenarkan peristiwa itu. "Iya, ini anggota lagi evakuasi," kata Ramadhanil malam ini.

Belum diketahui jelas sebab kecelakaan, meski dikabarkan akibat rem truk blong. Tim Satlantas masih melakukan penyelidikan. "Korban luka-luka. Satu pengendara motor, dan 2 penumpang mobil," ucap Ramadhanil. (*)

Reporter : Inara Dafina    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0