15 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

2 Ribu Pohon Sudah Tertanam sepanjang 2018


2 Ribu Pohon Sudah Tertanam sepanjang 2018
Salah satu pasangan calon pengantin menanam pohon trembesi di RTH Tanjung Laut yang disaksikan langsung Walikota Bontang, dr Neni Moerniaeni belum lama ini. (KLIKBONTANG/ DOK)

KLIKBONTANG.com -- Misi Kota Bontang sebagai Green City benar-benar berjalan baik. Buktinya, sudah ada 2.798 bibit pohon telah ditanam warga di berbagai titik kelurahan, khususnya yang memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Penanaman pohon itu memang diperkuat Peraturan Wali Kota Bontang 4/2016 tentang pelaksanaan penanaman pohon bagi calon pengantin, kemudian Nomor 1 Tahun 2017 tentang penanaman pohon bagi CPNS yang diangkat menjadi PNS, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, dan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya PNS.

Teknisnya, setiap SKPD terlibat memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. BKPP bertugas untuk menyampaikan daftar nama CPNS yang akan diangkat menjadi PNS, daftar PNS yang mendapat kenaikan gaji berkala, PNS yang akan naik pangkat, maupun PNS yang telah mengabdi sebagai PNS selama 10 tahun, 20 tahun, hingga 30 tahun kepada DLH.

“Tujuannya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca akibat pemanasan global, menumbuhkan budaya menanam pohon. Ssejalan dengan program Pemkot Bontang, yakni mewujudkan green city,” ujar Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni baru-baru ini.

Menurut Walikota Neni, agenda menghijaukan Kota Bontang memang menjadi prioritasnya. Musim kemarau yang sempat melanda Kota Taman beberapa waktu lalu, memang cukup membuat sejumlah pohon-pohon mati. Ditambah kebakaran lahan yang memperparah kondisi pohon di Kota Bontang.

Maka dari itu, Neni pun pernah menargetkan dalam waktu seratus hari masa pemerintahannya, ada 400 pohon yang akan ditanam secara kontinyu.

Soal titik penanaman yang menjadi proritas, kata Neni fleksibel saja. Ia melibatkan siswa, dengan harapan kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran kepada siswa agar mereka lebih aktif lagi menjaga lingkungan di Kota Bontang.

Selain kegiatan menanam pohon, ia bersama Wawali Basri Rase juga akan menggelar Jumat Bersih secara rutin, membersihkan ruas jalan serta daerah lainnya. (*)

Reporter : Omar NR     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0