23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Badak LNG: 100 Terumbu Karang Baru dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015


Badak LNG: 100 Terumbu Karang Baru dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015
Penurunan terumbu karang teknologi reefcage secara simbolik oleh Pjs. Director & COO Deded Hendra, yang dipandu oleh para diver di kawasan konservasi terumbu karang Pulau Segajah. Selasa (9/6). (Foto: Sulkifli)

KLIKBONTANG - Selasa pagi (9/6) di pesisir Bontang Kuala menyuguhkan aktivitas menarik. Susunan tenda sederhana telah berdiri di depan panggung anjungan, yang menampung undangan dari Badak LNG, sebagai bagian dari acara utama yakni transplantasi (penanaman) reefcage di kawasan konservasi terumbu karang yang mengelilingi Pulau Segajah

Pjs. Director & COO Badak LNG Deded Hendra mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni yang lalu, diisi PT Badak dengan melakukan penanaman 100 terumbu karang dengan teknologi reefcage. Upaya ini disampaikannya sebagai bagian dari upaya rehabilitasi untuk menjaga ekosistem laut.

"Penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan mampu mengakibatkan kerusakan signifikan pada terumbu karang. Maka, mari jadikan aksi nyata ini sebagai peningkatan kesadaran pentingnya melindungi ekosistem laut," ujar Deded dalam sambutannya.

Walikota diwakili Staf Ahli Pemerintah Mursyid mengapresiasi langkah perusahaan untuk terlibat aktif dalam upaya pelestarian lingkungan hidup di wilayah Kota Bontang. Khususnya dalam konservasi lingkungan perairan mengingat kota ini memiliki luas laut yang begitu besar, ia menambahkan.

"Pemerintah menyambut baik upaya pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Ini membuktikan Badak sebagai world-class energy company benar-benar serius dalam penanganan lingkungan hidup," tutur Mursyid.

Agenda selanjutnya mengharuskan kami untuk bergerak ke lokasi penanaman terumbu karang di tengah laut. Jejeran speedboat di anjungan siap mengantar rombongan yang antusias meskipun saat itu sedang hujan. Untuk kali pertama, awak media disediakan boat khusus untuk mengabadikan aksi konservasi lingkungan seperti ini.

Setibanya di spot, penanaman reefcage dilakukan secara simbolis oleh Deded Hendra dipandu oleh rekan-rekan penyelam dari Badak Diving Club.

Teknologi reefcage ini memanfaatkan kerangka besi dalam metode stek pengembangbiakkan bibit terumbu karang. Sejak digunakan pada 2014 lalu, reefcage sebanyak 300-500 buah akan terus diturunkan sampai cukup memenuhi kaidah konservasi. Keunggulan reefcage dinilai mampu memicu pertumbuhan terumbu karang dalam sekian bulan saja, sehingga pertumbuhan biota laut seperti ikan juga meningkat.

Ditambahkan Lurah Bontang Kuala Eko Mashudi, agar manfaat pelestarian lingkungan hidup di kawasan wisata perairan Bontang Kuala dapat pula dirasakan oleh masyarakat sekitar. Bukan tidak mungkin, jika kehidupan bawah laut menjadi indah dan cantik karena terumbu karangnya yang sehat, potensi wisata alam Bontang khususnya Bontang Kuala akan semakin menarik.

Sebagai bagian dari program CSR di Bidang Konservasi Kawasan Laut, Badak LNG turut mengundang jajaran pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, perwakilan perusahaan, dan pelajar serta perwakilan perguran tinggi swasta di lingkungan Kota Bontang. (*)

Reporter : Sulkifli    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0