19 Januari 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tips Hilangkan Kebiasaan Anak Menggigit Saat Menyusu


Tips Hilangkan Kebiasaan Anak Menggigit Saat Menyusu
Ilustrasi

KLIKBONTANG.COM - Saat fase tumbuh gigi, biasanya batita akan memiliki kebiasaan menggigit saat menyusu. Bila sudah demikian, ibu akan merasakan dampaknya, payudara jadi lecet dan nyeri. Sebagian ibu ada yang menyerah dan enggan menyusui lagi. Padahal ada trik untuk menghilangkan kebiasaan menggigit saat menyusu.

Moms tentunya pernah mengalami pengalaman di mana anak mulai memiliki kebiasaan menggigit saat menyusui. Pada umumnya hal ini terjadi saat anak mulai mengalami fase tumbuh gigi. Tidak jarang hal ini mengakibatkan lecet pada payudara dan rasa nyeri saat menyusui. Terkadang beberapa Moms juga bisa mengalami trauma dan hampir menyerah untuk lanjut memberikan ASI secara langsung.
Jaga asupan makan

Sebagai ibu menyusui, Moms harus menjaga asupan makanan agar ASI tetap lancar. Jangan menyusui dalam keadaan lapar dan haus. Minimal Moms harus minum air putih yang banyak sebelum menyusui. Ini untuk memastikan bahwa anak tidak menunggu LDR (Let Down Reflex) terlalu lama yang bisa menyebabkan anak akhirnya menggigit.

Tegas

Moms harus berani bertindak tegas. Ketika anak mulai menggigit, Moms bisa memasukkan jari kelingking ke sudut mulutnya agar gigitan terlepas. Pastikan tangan selalu bersih ya Moms. Beri tenggang waktu untuk tidak menyusui. Jika anak menangis, biarkan sesaat. Biarkan anak menenangkan dirinya sendiri.
Sounding

Setelah anak tenang, Moms bisa bicara dengan nada tegas bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. Contohnya, “Adek, gak boleh gigit-gigit ya. Kalau adek gigit, mama jadi sakit. Kalau mama sakit, adek gak bisa nyusu” Atau dengan kalimat Moms sendiri yang mudah dimengerti anak.

Komitmen

Jika langkah sounding sudah dilakukan, Moms bisa menyusui lagi. Moms harus melakukan langkah-langkah tersebut setiap kali anak mengulanginya. Jangan kalah atau merasa bersalah karena hal ini untuk kebaikan bersama.

Saat ini anak saya berumur 1 tahun dan sudah memiliki 4 gigi. Namun, ketakutan saya tentang cerita Moms lain tentang hal ini sama sekali tidak terbukti. Sampai saat ini anak saya tidak memiliki kebiasaan menggigit saat menyusu apalagi sampai menimbulkan lecet dan perih.

Saya bisa menyusuinya dengan tenang tanpa rasa was-was digigit. Saya membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu melakukan langkah-langkah di atas hingga anak saya benar-benar mengerti. Namun, sesekali si Kecil tetap menggigit sekedar usil atau meminta perhatian ibunya.Semoga bermanfaat. (*)

Reporter : Liputan6.com    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0