21 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Lowongan Sedikit, Perempuan Lebih Sulit Cari Kerja


Lowongan Sedikit, Perempuan Lebih Sulit Cari Kerja
Ilustrasi

KLIKBONTANG.com -- Penyerapan angkatan kerja Bontang tahun 2018 hanya 1.623 orang. Dari jumlah tersebut, porsi perempuan sangat minim, yakni 142 orang. Sedang sisanya, 1.481 untuk laki-laki. 

Dijelaskan Kepala Bidang Usman, perempuan sulit cari kerja di Bontang karena lowongan kerja  (loker) tersedia memang tidak membuka kesempatan bagi mereka. 

Dalam persyaratan kerja, rekruiter biasa mensyaratkan jenis kelamin tertentu. Syarat ini umumnya menyesuaikan posisi yang dibutuhkan.

Disitu, perempuan acap kali langsung tersingkir dari persaingan. Karena sepanjang 2018 loker dibuka di Bontang kebanyakan berasal dari perusahaan konstruksi. Dimana perusahaan ini kebutuhan pekerja lapangannya sangat tinggi. Seperti Welder, Supir, atau  Helper.

Persoalannya, masyarakat mengenal pekerjaan tersebut dikerjakan laki-laki, bukan perempuan. Sehingga loker yang dibuka langsung mencantumkan "berjenis kelamin laki-laki" dalam prasyaratnya.

"Di Bontang kan banyaknya memang proyek. Sedang di proyek itu kerja berat semua, seperti helper, welder, pekerja pipa, supir. Makanya susah perempuan terserap," kata Usman. 

Usman menekankan, tak ada tindakan diskriminasi atau merendahkan gender satu dan menistimewakan lainnya. Hanya saja ia menilai, masih kuat di  masyarakat untuk memposisikan satu pekerjaan pada gender tertentu. Contoh konkretnya ialah bidang konstruksi untuk laki-laki.

"Mau tidak perempuan kerjakan pekerjaan itu? Kalau tunggu loker di kantoran, jarang. Meskipun ada juga, paling tidak banyak. Cuma butuh 2/3 orang aja. Memang tidak sebanyak di proyek," tandasnya. (*)

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0