21 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Begini Awal Mula Dugaan Pelanggaran Kasdi, Caleg Nasdem yang Dihapus dari DCT


Begini Awal Mula Dugaan Pelanggaran Kasdi, Caleg Nasdem yang Dihapus dari DCT
Komisioner Bawaslu Bontang, Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Aldy Altrian (ARSYAD)

KLIKBONTANG.com-- Kasdi,Caleg Nasdem nomor urut 9 Dapil Bontang Selatan rupanya nekat majud di pileg sebelum mundur sebagai ASN. Pelanggaran ini terungkap setelah Bawaslu Bontang menindaklanjuti laporan masyarakat.

Komisioner Bawaslu Bontang, Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Aldy Altrian menuturkan, sekira pertengahan Desember 2018 lalu, pihaknya telah menerima laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan Kasdi.

Berselang beberapa hari, pihaknya pun membentuk Tim Pengawas untuk menelusuri dan melakukan investigasi. Dari situ berhasil dikumpulkan beberapa bukti kuat pelanggaran tersebut. Salah satunya rekap absen Kasdi di Dinas Kesehatan dan KB Bontang.

"Kemudian kami juga kumpulkan rekap gaji yang bersangkutan (Kasdi)," jelasnya kepada Klikbontang, Jumat (18/01/2019)

Dengan melalui mekanisme yang berlaku di Bawaslu, bukti dan laporan tersebut dilanjutkan ke pihak berwenang, dalam hal ini Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya 28 Desember 2018.

"Setelah mengumpulkan bukti-bukti itu, kami tidak langsung memvonis. Karena belum tentu apa yang kami dapatkan itu merupakan sebuah fakta," tuturnya.

Memasuki tahun 2019, awal bulan Januari pun dilakukan sidang pemeriksaan kepada Kasdi yang berlangsung di dua tempat, yakni di Kantor Bawaslu Provinsi Kaltim dan Pengadilan Negeri Bontang.

Pencalonan Kasdi diduga melanggar administrasi, di mana dirinya masih aktif sebagai Apatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Kesehatan dan Keluaga Berencana Kota Bontang.

"Kemudian kemarin (17/01/2019) sudah ada putusan dari Majelis Hakim Bawaslu Kaltim, jika pencalonan Kasdi digugurkan," tutup Aldy - begitu karib disapa. (*)

 

Reporter : Arsyad Mustar    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0