22 Februari 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Lowongan Setara CPNS Mulai Dibuka


Lowongan Setara CPNS Mulai Dibuka
Ilustrasi.

KLIKBONTANG.com -- Pemerintah sudah membuka lowongan kerja untuk pegawai honorer pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mulai Jumat 8 Februari 2019. "Mulai Jumat sudah buka pendaftaran," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Syafruddin mengatakan pegawai honorer yang direkrut sebanyak 150 ribu orang dengan mengutamakan para guru honorer, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian, dan tenaga fungsi teknis lainnya. Formasi PPPK diutamakan bagi pelamar yang terganjal masalah usia untuk mendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Proses rekrutmen mulai dari pendaftaran, tes, hingga pengumuman akan berlangsung pada 8-23 Februari 2019. Prosesnya berlangsung singkat lantaran keterbatasan sarana untuk menyelenggarakan tes. Sarananya adalah BKN dan sebagian milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada Maret mendatang Kemendikbud sudah harus mempersiapkan ujian nasional. “Jadi kami pakai bulan ini alatnya," ujar Syafruddin.

Mengenai polemik pegawai honorer yang menolak PPPK, Syafruddin menjelaskan bahwa statusnya sama-sama aparatur sipil negara. Bahkan, kata dia, PPPK tidak berbeda jauh dengan PNS pada umumnya. Yang membedakan hanya proses rekrutmennya.

Ia mengatakan banyak orang salah paham mengenai kata perjanjian kerja pada akronim PPPK. "Perjanjian kerja itu maknanya evaluasi.” Untuk PPPK evaluasi dilakukan per tahun.

Tak hanya pegawai PPPK yang dievaluasi karena pegawai negeri sipil juga dievaluasi setiap tahun. “Sama saja sebenarnya, tidak begitu jauh bedanya."

Setelah rekrutmen pegawai honorer PPPK, Syafruddin mengatakan pemerintah juga akan membuka lowongan 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka pada Juli 2019. 

Sementara, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pengumuman lowongan akan menjelaskan terkait posisi yang dibuka hingga jumlah formasi yang dibutuhkan.

"Besok itu baru pembukaan pengumuman. Jadi baru ada pengumuman dari posisi hingga jumlah besok tanggal 8 Februari jam 16.00 WIB. Kalau pendaftaran itu nanti Insya Allah tanggal 10 Februari," kata dia kepada detik.com, Kamis (7/2/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan pendaftaran nantinya melalui laman yang berbeda dengan seleksi CPNS, yakni sscasn.bkn.go.id. Namun ia belum bisa memastikan kapan laman tersebut dapat diakses.

"Nanti kurang lebih pendaftaran sama dengan (dengan seleksi CPNS), lewat online websitrnya sscasn.bkn.go.id tapi coba saja sudah bisa diakses atau belum, saya belum tahu," sambung dia.

Saat ini setiap daerah tengah menginput data keikutsertaan kepada Kementerian PAN-RB. Terdapat pilihan bagi daerah apakah mau ikut melaksanakan atau tidak.

Pilihan tersebut ditentukan berdasarkan kesanggupan daerah menyelenggarakan pelaksanaan. Sebab, pelaksanaan akan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Hari ini itu tanggal maksimal bagi daerah untuk menentukan mereka bisa terima berapa dan itu disampaikan ke KemenPAN-RB. Tapi belum tahu daerah mana saja yang mengiyakan dan yang tidak mengiyakan (keikutsertaan). Misalnya kesediaan APBD tidak cukup ya nggak bisa," kata dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pendaftaran pegawai setara PNS dilakukan secara online yang berbeda dengan seleksi CPNS. Adapun, pembukaan pendaftaran dimulai pada 10 Februari ini.

"Kalau pendaftaran itu nanti Insya Allah tanggal 10 Februari. Nanti kurang lebih pendaftaran sama dengan (dengan seleksi CPNS), lewat online websitenya sscasn.go.id," ungkapnya. ***

Reporter : Inara    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0