22 Februari 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pupuk Kaltim Ajak Warga Bufferzone Cegah dan Atasi Kebakaran lewat Kompetisi


Pupuk Kaltim Ajak Warga Bufferzone Cegah dan Atasi Kebakaran lewat Kompetisi
peserta Fire and Rescue Competition antar Kelurahan Bufferzone Pupuk Kaltim berupaya menyelesaikan salah satu tahapan lomba. Memadamkan api dengan menggunakan handuk basah. (KLIKBONTANG/FANNY)

KLIKBONTANG.com -- Masih dalam semarak Bulan K3 Nasional, PT Pupuk Kalimantan Timur mengajak masyarakat Bufferzone atau kawasan di sekitar perusahaan berkompetisi melalui Lomba Fire and Rescue antara kelurahan di halaman Parkir GOR Pupuk Kaltim, Minggu, 10 Febuari 2019.

Berseragam lengkap khas anggota Damkar (Pemadam Kebakaran, Red), setiap tim diharuskan kompak mengikuti tahap demi tahap rintangan lomba. Mereka beradu gesit dan tepat mengamankan area yang sudah dibagi dengan beberapa cipta kondisi suasana kebakaran, lengkap dengan alat dan simulasi evakuasi korban.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana menjelaskan kegiatan ini seiring dengan peringatan bulan K3 nasional yang mengangkat tema Mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional.

Bagya menyebut tema tersebut sangat tepat untuk mendorong masyarakat berpartisipasi aktif dalam membudayakan K3 ditempat kerja maupun di tempat tinggal.

Agenda ini juga sebagai sarana memberikan bekal pengetahuan dalam pencegahan dan penanggulangan jika terjadi musibah kebakaran. Disamping itu, untuk mengetahui bagaimana penyelamatan jiwa atau evakuasi serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap kebakaran.

"Sangat tepat jika strategi dan ilmu pengetahuan tentang pemadam kebakaran selalu dikembangkan atau disosialisasikan melalui kegiatan semacam ini. Sebab, menyangkut kepentingan masyarakat luas," tuturnya.

Bagya berharap ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh para peserta nantinya dapat diimplementasikan dalam kegiatan atau kehidupan sehari-hari.

Mewakili jajaran Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim, Bagya mengucap terima kasih kepada seluruh pihak yang sedang dan akan mengembangkan serta membudayakan K3.

"Terima kasih kepada Pemkot dan masyarakat Bontang yang turut berperan menciptakan suasana kondusif sehingga operasional perusahaan dapat berjalan baik dan lancar," ucapnya.

Diakhir sambutan, Bagya pun memohon doa dan dukungan dari Pemerintah dan Masyarakat Bontang agar saat ini dan masa yang akan datang, Pupuk Kaltim dapat selalu beroperasi dengan baik dan lancar sehingga dapat memberi manfaat yang lebih besar lagi bagi masayaraat Bufferzone, masyarakat Bontang, dan Bangsa Indonesia.

"Kami berharap masyarakat dapat lebih mengetahui dan mengerti, cara memadamkan api dengan baik dan benar. Sehingga, tidak menimbulkan kerugian dan musibah yang lebih besar," tutupnya.

Sementara Ketua Panitia Fire and Rescue Competition antar Kelurahan Bufferzone Pupuk Kaltim, Sugeng Hartono menjelaskan disamping mensosialisasikan K3, agenda ini juga sebagai ajang silaturahmi sehingga hubungan harmonis antara perusahaan dan masyarakat semakin terjaga.

Peserta diikuti oleh 6 kelurahan yang ada di Bontang. Mereka membawa beberapa utusan diantaranya Kelurahan Guntung sebanyak 3 tim, Loktuan 3 tim, Belimbing 2 tim, Gunung Elai 2 tim, Bontang Kuala 2 tim, serta Gunung Telihan sebanyak 2 tim. Sebanyak 17 item kriteria penilaian pun disiapkan untuk menentukan pemenang.  "Tetap utamakan keselamatan diri sendiri, tim dan sekitar," pesannya.

Di tempat sama, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang, Sabriansyah menuturkan Pemkot selalu mendukung dan mengapresiasi pasukan pemadam yang ada di Bontang serta seluruh lapisan masyarakat yang turut menciptakan kondusifitas.

Dalam kesempatan itu, Ia pun mengajak para peserta senantiasa menjunjung tinggi kreatisvitas dan sportivitas dalam berkompetisi.

"Selamat bertanding, selamat berprestasi. Semoga kegiatan ini dapat menunjang kegiatan sehari-hari dalam upaya pencegahan dan penyelamatan kebakaran di Bontang," ucapnya.(Inforial) 

Daftar Pemenang Fire and Rescue Competition antar Kelurahan Bufferzone Pupuk Kaltim tahun 2019

Juara 1 : Guntung-Team Nitrogen dengan total nilai 990

Juara 2 : Loktuan-Team Forum Ketua RT dengan total nilai 940

Juara 3 : Gunung Telihan-Team Gunung Telihan 1 dengan total nilai 900

Juara 4 : Guntung-Team Anggana dengan total nilai 895

Suporter terbaik : Gunung Elai

Yel-yel terbaik : Guntung dengan tim Wangi

 
Reporter : Darwin Tri    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0