14 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ada 50 Usulan Prioritas, Warga Usulkan Pembentukan KIM


Ada 50 Usulan Prioritas, Warga Usulkan Pembentukan KIM
Suasana Musrenbang Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Senin (11/2/2019) malam. (Arsyad Mustar/Klikbontang.com)

KLIKBONTANG.com -- Sebanyak 28 Rukun Tetangga (RT) mengikuti musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di Kantor Lurah Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Senin (11/2/2019) malam. Dalam musyawarah ini yakni penyampaian usulan warga kepada Dinas terkait. 

Lurah Bontang Baru, Chahyo Hadi Wichakso menerangkan, sedikitnya terdapat 50 usulan warga yang menjadi skala prioritas. Salah satunya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berkaitan langsung dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Bontang.

"Usulan ini sudah dirumuskan dalam pra-musrenbang beberapa waktu lalu. Malam ini dipaparkan kepada dinas terkait seperti apa tanggapannya," ujarnya kepada Klikbontang.

Kata dia, KIM merupakan suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola untuk masyarakat yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Atau bisa disebut satelit power Diskominfo.

"Misalnya, ada isu yang berkembang di masyarakat, nah di sini bisa kita publikasikan melalui KIM. Nanti masyarakat sendiri yang kelola dan dibina Diskominfo," sebutnya.

Lebih lanjut, KIM atau sarana penyampaian informasi tersebut di Bontang Baru sendiri ada tiga titik, yakni di RT 02 Alhidayah, RT 24 Cahaya Prima, dan RT 25 Berkah Bahari. Nantinya, tiga titik tersebut masyarakat dapat menyampaikan informasi dan membuat rilisnya.

"KIM ini juga modelnya swadaya masyarakat. Paling tidak di kelurahan itu ada satu, tapi di Bontang Baru ada tiga titik," imbuhnya.

Setelah musrenbang tingkat kelurahan dikukan, selanjutnya akan dilaksanakan musrenbang tingkat kecamatan. Namun, Chahyo belum mengetahui jadwal tersebut. Pihaknya masih menunggu kapan dilaksanakan untuk mengajukan pembangunan sarana dan prasarana skla prioritas.

"Kami berharap semua usulan bisa diterima nantinya. Baik usulan pembangunan sarana maupun prasarana," tuturnya.

Dia menyebut, untuk mengawal usulan ini, pihaknya memiliki tim delegasi. Yaitu bertugas untuk mengawal usulan setiap RT di wilayahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Diskominfo Bontang, Dasuki berharap KIM dapat menjadi kanal pemerintah untuk menyampaikan informasi yang benar pada publik. Juga membantu pemerintah menangkal dan melawan berita bohong (hoaks). Sebab menurutnya banyak hoaks ini dengan sengaja di produksi massal guna memprovokasi warga. Pada akhirnya ini menyebabkan warga terpecah belah dan mudah tersulut emosi. 

Dasuki menekankan, KIM adalah agen pemerintah guna meluruskan informasi yang tersebar di publik. Maka seluruh anggota KIM pun mesti bijak menggunakan sosial media. Tidak mudah membagi berita yang kebenarannya masih dipertanyakan. Serta selalu mengedepankan fact checking

''Jangan kita asal membagi informasi yang masih abu-abu kebenarannya. Bersama kita wujudkan motto Diskominfo, Bersama Kominfo menuju masyarakat informasi,'' tegas Dasuki. (adv)

Reporter : Arsyad Mustar    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0