23 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Buang Sampah Sembarangan, Bisa Ditangkap Polisi


Buang Sampah Sembarangan, Bisa Ditangkap Polisi
Salahsatu sudut SMAN 2 Bontang yang dipenuhi tanaman hijau. Polisi Lingkungan berperan dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya lingkungan sekitar. Sabtu (13/6/2015) (Foto: Zaenul F Umar)

KLIKBONTANG – Suksesnya SMAN 2 Bontang meraih titel Sekolah Adiwiyata Mandiri 2015 tak lepas dari peran “Polisi Lingkungan” yang punya tugas khusus menegur mereka yang tertangkap basah membuang sambah sembarangan.

Kepala Sekolah SMAN 2 Sumariah menjelaskan, organisasi yang dibentuk sejak 2012 lalu ini berkewajiban mengintai para pelajar yang mencemari lingkungan sekolah. Selain ditegur, ada denda Rp 10 ribu bagi yang tertangkap asal main buang.

“Mereka yang kedapatan didenda Rp 10 ribu, Uang denda itu kemudian masuk di kas OSIS. Agar jera dan sadar pentingnya kebersihan,” paparnya.

Polisi Lingkungan, kata Sumariah, diisi 2 perwakilan siswa-siswi dari masing-masing kelas hingga saat ini berjumlah 36 siswa.

Ada yang seru ketika Polisi Lingkungan ini di masa awal bertugas. Dibenci para siswa seisi sekolah pernah merasa rasakan ketika sejumlah temannya ditangkap karena melakukan pelanggaran.

“Bener loh, mereka sempat dimusuhin. Padahal teman sendiri. Tapi seiring berjalannya waktu anak-anak mengerti perbuatan mereka yang salah,” kata Sumariah.

Salahsatu personil Polisi Lingkungan, Maya, mengiyakan kalau dirinya bahkan sempat ingin mengundurkan diri karena dijauhi. Namun, ia mengingat kembali tugas yang dilakukannya ini agar temanya-temanya sadar akan kebersihan. Niatnya kembali kuat.

“Tugas yang saya lakukan ini kan baik,” tutur siswi kelas 11 IPA 3 ini.

Selain punya pasukan khusus pro-lingkungan, SMAN 2 Bontang juga menjalankan program mandiri yang bertumpu pada keberlangsungan lingkungan hidup. Sebut saja pengelolaan rumah kompos, bank sampah, budidaya ikan dan unggas, budidaya tanaman obat, dan hidroponik. Kerennya, hasil usaha mandiri para pelajar sering kali dilirik sehingga tanpa disadari sudah mendalami bidang wirausaha. (*)

Reporter : Zaenul Fanani Umar    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0