18 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

OPINI: Arsiparis Menata Berguna Sepanjang Masa


OPINI: Arsiparis Menata Berguna Sepanjang Masa
Dobi Rizami/Kadis Perputakaan Dan Kearsipan Kota Bontang

ISU menarik yang berkembang dalam penataan kearsipan baik di lembaga Pemerintahan, Swasta maupun perorangan selalu menjadi bahan gunjingan umum seakan tidak terlaksanakan. Sehingga menuai permasalahan ketika arsip dibutuhkan. Hal ini dirasakan dalam lini kehidupan apabila arsip dibutuhkan dalam proses Administrasi.

Kita dapat merasakan ketika bepergian ada yang tertinggal dokumen identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM) ataupun hal lainnya terlupakan yang sifatnya perorangan.

Pengelolaan dokumen kelembagaan pemerintahan, swasta, dan lembaga perguruan tinggi mungkin selalu didengar ketika sulitnya mencari dokumen atau arsip mengalami keterlambatan untuk didapatkan, terkadang diperlihatkan tumpukan dokumen atau berkas belum tertata di lingkungan ruang kerja.

Permasalahan tersebut terdapat komitmen yang kuat dan tindakan dalam pengelolaan arsip secara komprehensip khususnya kualitas, integritas sumber daya manusia demi terwujudnya tertib arsip sesuai regulasi untuk menciptakan pemerintahan yang baik (Good Governance).

Jabatan Fungsional Arsiparis seakan belum mendapatkan pandangan di strata sosial dibandingkan dengan Jabatan Fungsional lainnya, bahkan apabila mendapatkan penugasan di bidang kearsipan seakan karir masa depan seolah – olah seperti arsip yang disimpan dan digunakan apabila ada kebutuhan.

Hal ini perlu pemahaman kita semua, tentang Arsiparis sebagai jabatan fungsional yang diembannya berbekal profesional yang handal dalam menghadapi tantangan permasalahan kearsipan serta mencari solusi penuh kreasi sesuai regulasi untuk mewujudkan tertib arsip.

Arsip berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan pasal 1 adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga Negara, Pemerintah

Daerah, Lembaga Pendidikan, Perusahaan, Organisasi Politik, Organisasi Kemasyarakatan dan Perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Adapun Fungsi dan Tugas Arsiparis (menurut Permenpan Nomor 48 Tahun 2014 Tentang Jabatan Fungsional Arsiparis meliputi : Pertama, menjaga terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Negara.

Kedua menjaga terwujudnya pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah. Ketiga menjaga terwujudnya pengelolaan arsip yang handal dan pemanfaatan arsip sesuai dengan ketentuan perundang – undangan.

Keempat, menjaga keamanan dan keselamatan arsip yang berfungsi untuk menjamin arsip – arsip yang berkaitan dengan hak – hak keperdataan rakyat melalui pengolahan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya.

Kelima, menjaga keselamatan dan kelestarian arsip sebagai bukti pertanggung jawaban dalam kehidupan beramasyarakat, berbangsa dan bernegara. Keenam, menjaga keselamatan Aset Nasional dalam bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan serta keamanan seabagai identitas dan jati diri Bangsa. Ketujuh, menyediakan informasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengolahan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya.

Dengan melihat Tugas dan Fungsi Jabatan Fungsional Arsiparis, strategis dalam upaya melakukan tertib tata kelola kearsipan dimanapun tugas dan pengabdian diamanahkan. Apapun bentuk karya hasil kerja Arsiparis merupakan tugas mulia untuk memberikan kontribusi sangat berharga dan berguna dalam kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dokumen yang ditata merupakan rangkaian peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi, komunikasi, maka Arsiparis menghasilkan kerja nyata menata berguna sepanjang masa. (*)

Penulis: Dobi Rizami/Kadis Perputakaan dan Kearsipan Kota Bontang

 

Reporter :     Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0