27 Mei 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

KPU Butuh 100 Orang untuk Lipat 616.956 Lembar Surat Suara


KPU Butuh 100 Orang untuk Lipat 616.956 Lembar Surat Suara
Agusyani (kiri) menerangkan jenis surat suara kepada emak-emak saat sosialisasi di di Balai Pemilihan Umum (BPU) Kelurahan Bontang Lestari, Senin (5/3/2019) siang. (KLIKBONTANG/FITRI)

KLIKBONTANG.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang, menjadwalkan pengarahan tahapan pelaksanaan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara mulai dilaksanakan 13 Maret 2019 mendatang.

Kepada redaksi KlikBontang, Plt KPU Bontang, Agusyani menjelaskan. kegiatan ini akan dilaksanakan di gudang logistik III KPU di Jalan MT Haryono, Bontang. Dengan surat suara dilipat sebanyak 616.956 lembar. Meliputi DPRD kota/kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, dan Presiden dan Wakil Presiden.

Ia menjelaskan, waktu itu ditetapkan mengingat hingga kini KPU Bontang masih melakukan seleksi petugas pelipat surat suara. "Hingga kini kami masih adakan rekrutmen petugas," terangnya pada KlikBontang belum lama ini.

Dalam kalkulasi KPU. Sebanyak 616.956 surat suara itu harus rampung dilipat dalam 10 hari. Terhitung mulai 13 Maret hingga 23 Maret 2019.

Sebabnya KPU butuh 100 orang petugas, yang bersedia kerja selama 7 jam per hari. Tiap petugas ditarget melipat 750 lembar per hari. Atau dalam 10 hari 6.170 lembar.

Lebih jauh Agusyani menjelaskan. Ada beberapa syarat petugas pelipat surat suara. Utamanya mereka harus mampu baca tulis, rapi dalam melipat, dan terpenting, tidak buta warna. Mengingat ada 5 jenis surat suara berbeda akan dilipat.

Ditambahkan. KPU mengutamakan petugas pelipat surat suara berasal dari petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (PKPPS). Ini dilakukan sebab PKPPS lebih paham proses panjang pemilu. Sehingga KPU tak perlu lakukan penjelasan lagi kepada mereka.

"Jadi kalau ada surat suara bermasalah atau rusak. Mereka bisa bertanggung jawab juga. Bisa jadi saksi. Kan mereka sendiri yang lipat," terangnya.

Namum ini tidak bersifat wajib. Dalam artian. PKPPS yang tak ingin jadi petugas pelipat surat suara tidak dipermasalahkan. Semua tergantung kesediaan mereka.

"Tidak wajib. Kalau mereka tak mau. Yah tidak apa-apa," imbuhnya.

Sementara itu. Untuk pastikan keamanan surat suara menjelang pelipatan. Di gudang logistik III KPU di Jalan MT Haryono. Disiagakan 4 petugas keamanan berasal dari kepolisian. 2 bekerja di siang, dan 2 lainnya malam hari. Juga ada dari anggota KPU. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0