21 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Padat Karya Tunai Pupuk Kaltim dan BNI, Benahi Sarana Sekolah hingga Turap


Padat Karya Tunai Pupuk Kaltim dan BNI, Benahi Sarana Sekolah hingga Turap
Jajaran Direksi Pupuk Kaltim berfoto bersama Manajemen BNI serta masyarakat yang antusias mengikuti Padat Karya Tunai, BUMN Hadir Untuk Negeri.(Dok. Humas Pupuk Kaltim/Fauzi)

KLIKBONTANG.com -- Sabtu pagi (16/3/19), jajaran Direksi beserta manajemen Pupuk Kaltim bersama Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Bontang merealisasikan salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri berlabel "Padat Karya Tunai".

Mereka melakukan kerja bakti bersama masyarakat di sekitar Yayasan Pendidikan Islam Nurul Iman di Jalan RE Martadinata, RT 12 Kelurahan Lok Tuan. Tempat pendidikan yang terlihat telah lama tak tersentuh oleh pembangunan. Beberapa bangunan tampak tua dan kusam. Begitu halnya dengan perabotan didalamnya.

"Acara ini terlaksana di seluruh wilayah Indonesia, agenda yang diinisiasi Kementerian BUMN. Kebetulan di Bontang yang mendapat andil adalah Pupuk Kaltim dan BNI," ucap Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim, Meizar Effendi sebelum memulai kegiatan.

Bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal membangun infrastruktur, sarana dan prasarana. Sehingga, adanya BUMN di suatu wilayah dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat. Sesuai dengan tagline "BUMN Hadir Untuk Negeri".

Meizar melanjutkan, tanpa masyarakat, BUMN tidak akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Sebagai wujud apresiasi dukungan dari masyarakat kepada perusahaan, maka terbentuklah program ini. Tak lupa, melibatkan peran serta masyarakat itu sendiri.

"Kehadiran BUMN tak hanya pada hari ini saja. Kami terus berusaha khususnya di wilayah bufferzone, menjalankan berbagai program berkelanjutan. Terutama untuk kemandirian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Sebut saja, Klinik Dhuafa dan Mobil Imun. Sebagai sarana peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Dalam waktu dekat, berbagai program khususnya peningkatan kualitas kesehatan pun akan semakin dikembangkan. Merangkul masyarakat yang lebih luas.

Meizar menuturkan, fokus berbagai program Pupuk Kaltim kepada masyarakat bufferzone pun bukan tanpa alasan. Mengingat tumbuh kembang dan besarnya perusahaan atas peran masyarakat di sekitar. Sehingga, sebagian besar program CSR pun diarahkan bagi warga seputar bufferzone perusahaan.

"Terima kasih atas partisipasi Pemkot bersama seluruh masyarakat. Semoga semua kegiatan berjalan lancar hingga dapat kita saksikan wajah baru dari sekolah ini," tutupnya.

Lebih lanjut di jelaskan GM Umum Pupuk Kaltim, Nur Sahid bahwa program yang bertema One Nation, One Vision, One Family ini melibatkan peran serta masyarakat. Bekerja sama dengan BNI, bantuan yang disalurkan guna memperbaiki sarana dan prasarana tempat pendidikan tingkat SD dan SMP itu.

"Kegiatan ini ialah kolaborasi antara Pupuk Kaltim dan BNI. Total anggaran yang kami keluarkan berkisar Rp 50 Juta," ujar Sahid bersama Kepala BNI Cabang Bontang.

Di gunakan misalnya untuk pengecatan gedung, pagar dan ruang kelas. Sekaligus memperbaiki atap gedung dan dinding sekolah. Dalam konteks agenda yang sama, juga melakukan pengecatan siring atau turap yang berdekatan dengan kantor Polsek Lok Tuan.

Camat Bontang Utara, Zemmy Hasz pun turut menyampaikan apresiasi atas berjalannya program yang selaras dengan perwujudan Smart City, Green City dan Creative City ini.

"Program memberi motivasi kita secara konsisten berkomitmen bagaimana menjaga lingkungan dan kreatifitas dengan baik. Tanpa bantuan perusahaan dan keterlibatan masyarakat, pastinya kita akan terhambat merealisasikan cita-cita tersebut," urainya.

Camat Zemmy berharap agar pelaksanaan program ini dapat berkelanjutan. Antara Pupuk Kaltim dan BNI Cabang Bontang mendapat berkah atas bantuan yang disalurkan kepada masyarakat. Sehingga, perusahaan mendapat berkah kebaikannya serta dapat terus beroperasi dengan lancar.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kondusifitas lingkungan di sekitar perusahaan. Memelihara kebersihan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Menempatkan sampah pada tempatnya, serta membuang sampah pada waktunya.

Di kesempatan sama, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Nurul Iman, Subarkah Sangari pun mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pupuk Kaltim bersama BNI yang telah menyalurkan bantuan melalui program Padat Karya Tunai.

"Semoga dengan adanya bantuan ini jadi semangat kami menjadikan pendidikan di sekolah ini lebih baik lagi," ujar Pria yang akrab dikenal sebagai Danramil Loktuan itu.

Mewakili segenap jajaran pengurus yayasan, Subarkah pun berharap agar kegiatan ini dapat disusul dengan bantuan lain. Misalnya saja, melanjutkan pembangunan salah satu gedung sekolah yang sempat terhambat prosesnya.

Tampak kehadiran jajaran direksi Pupuk Kaltim lainnya juga seperti Direktur Produksi Bagya Sugihartana, Direktur Teknik dan Pengembangan Satrya Nugroho, serta Direktur Komersil Gatoet Gembiro. Selain itu, Kepala BNI Cabang Bontang beserta jajarannya. (inforial)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Said NR



Comments

comments


Komentar: 0