19 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mahasiswa Demo KPU Kaltim, Desak Kinerja Komisioner Lebih Baik


Mahasiswa Demo KPU Kaltim, Desak Kinerja Komisioner Lebih Baik
Mahasiswa Aliansi Garda Kaltim mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Senin 18 Maret 2019 di Jalan Basuki Rahmat, Samarinda untuk menyampaikan aspirasi kepada KPU Kaltim (Foto: Yoyok)

KLIKBONTANG.com -- Puluhan mahasiswa Aliansi Garda Kaltim mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Senin 18 Maret 2019 di Jalan Basuki Rahmat, Samarinda. Mereka menyampaikan aspirasi kepada KPU Kaltim agar meningkatkan kualitas kinerja lebih baik pada Pemilu 219.

Para demonstan berdiri di depan pintu masuk Kantor KPU Kaltim untuk menanyakan kesiapan KPU dalam sebulan terakhir. Pelbagai persoalan mulai dari jumlah daftar pemilih tetap atau jumlah pemilih yang belum terdaftar menjadi beberapa masalah yang dipertanyakan para pendemo.

Kedatangan para mahasiswa tidak mendapatkan sambutan dari komisioner KPU Kaltim. Mahasiswa lalu mencoba masuk ke kantor KPU. Namun, polisi menghadangnya.

Mahasiswa sempat beradu mulut dengan petugas kepolisian. Mereka kecewa tidak dapat masuk ke kantor KPU.

Pasalnya, surat pemberitahuan mahasiswa untuk bertemu komisioner KPU Kaltim telah masuk sejak Sabtu, 16 Maret, dua hari lalu. Mahasiswa kemudian membakar ban di jalur jalan raya dan mengakibatkan kemacetan.

Mahasiswa kemudian melakukan orasi di depan Kantor KPU Kaltim. Mahasiswa mengkritisi kinerja komisioner KPU Kaltim yang tidak maksimal seteelah adanya pergantian komisioner KPU Kaltim beberapa waktu lalu.

"Kami ingin KPU Kaltim selaku penyelenggara pemilu tahun 2019 berperilaku adil, berintegritas dan berpihak pada masyarakat. Jangan sampai mereka berpihak hanya pada elit politik.
Kemarin, kita sudah memberitahu perihal aksi kita agar hari ini kita disambut dengan baik. Tetapi, hari ini komisioner KPU tidak memberi kejelasan pun. Padahal kami ingin menemuinya dan menjelaskan. Itu saja," ujar kordinator aksi, Muhamad Reza Munandar.

Komisioner KPU Kaltim, Suardi membantah tidak mau menemui para pendemo. Pihaknya telah menunggu para mahasiswa untuk masuk ke dalam kantor KPU Kaltim.

Namun, komunikasi kedua belah pihak tidak terjalin dengan baik sehingga pertemuan pun tidak dapat terwujud.

"Kita berharap teman-teman bersedia masuk ke dalam ruangan dengan jumlah yang disepakati. Agar kemudian aspirasi yang mau disampaikan itu bisa jelas kita terima dan bisa lebih jelas menyampaikan bagaimana sesungguhnya posisi KPU dalam proses pemilu," ujar Suardi. (*)




Comments

comments


Komentar: 0