19 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Fakhri Petakan Materi Timnas U-19


Fakhri Petakan Materi Timnas U-19
Calon pelatih Indonesia U-19, Fakhri Husaini.

KLIKBONTANG.com -- Calon pelatih Indonesia U-19, Fakhri Husaini, mulai memetakan sumber pemain untuk timnya nanti. Ia pun tak menampik jika materi Garuda Select akan menjadi salah satu sumber utama.

"Pemain-pemain di Garuda Select (tim usia U-17 yang dikirim ke Inggris) sudah sekitar dua tahun bersama saya. Jadi, saya tahu betul kualitas mereka. Sebagian dari mereka bisa masuk ke timnas lagi," tutur Fakhri.

"Ajang terdekat kan Piala AFF U-19 2019. Di turnamen itu, maksimal usia kelahiran 2001. Kalau Garuda Select kan mayoritas kelahiran 2002. Jadi dari segi umur tak masalah," katanya melanjutkan.

Namun, eks playmaker timnas itu tak menutup mata terkait bakat-bakat lain di luar Garuda Select. Ia pun mengaku sudah memiliki daftar namanya. Alhasil, ia tak perlu pusing dalam membentuk skuatnya.

Selain dari Garuda Select, Fakhri telah memiliki sejumlah nama rekomendasi yang berasal dari jebolan Piala Soeratin U-18 dan Elite Pro Academy U-16.

Nantinya, nama-nama yang terpilih akan dipanggil dalam proses seleksi sebelum brgabung dalam pelatnas.

"Yang jelas, dalam pencarian pemain untuk timnas U-19 tak sesulit saya saat membentuk timnas U-16. Banyak wadah yang bisa dijadikan sumber pemain. Tentu kondisi ini sangat baik dalam pembentukan timnas," ujarnya.

Meski belum resmi ditetapkan sebagai pelatih timnas U-19 oleh PSSI, Fakhri Husaini telah menyusun program pelatnas. Program yang dimaksud adalah periodesasi persiapan untuk menyambut dua ajang yang akan diikuti di tahun ini.

Ajang pertama adalah Piala AFF U-19 2019 pada 5-18 Agustus 2019. Fakhri pun telah membuat program detil untuk menyusun tim menuju turnamen itu.

Mulai dari menyeleksi pemain pemain hingga akhirnya fokus menggelar pelatnas sudah disiapkannya. "Bila Piala AFF U-18 berlangsung pada Agustus, maka persiapan harus sudah dimulai dari Juni," tutur Fakhri.

"Tapi, saat itu sudah tak ada seleksi. Mungkin sudah harus ada 30 nama di waktu itu. Sementara pencarian pemain harus dimulai April," ucap pemain yang lama berkarier bersama Pupuk Kaltim itu.

Sementara itu, di Piala AFF U-19 2019, Indonesia bakal satu grup dengan Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Briunei Darusalam di Grup A. Bila melihat reputasi pesaingnya tersebut di pentas internasional, seharusnya Indonesia bisa melaju kebabak berikutnya.

Secara kualitas pemain, timnas terhitung cukup unggul. Hal berbeda jika mereka tergabung di Grup B di mana hadir tim-tim kuat seperti Thailand, Australia, Vietnam, dan Singapura. ***

Reporter : Ramadhan NR    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0