19 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bontang Konsen Kembangkan Dunia Pariwisata


Bontang Konsen Kembangkan Dunia Pariwisata
Para peserta sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona berfoto bersama di ruang auditorium Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Bontang. Jalan Jend. Ahmad Yani, Kelurahan Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan, Kamis (11/4/2019) pagi. KLIKBONTANG/FITRI

KLIKBONTANG.com -- Dinas Pariwisata (Dinpar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona di ruang auditorium Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Bontang. Jalan Jend. Ahmad Yani, Kelurahan Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan, Kamis (11/4/2019) pagi. 

Jumlah peserta sekitar 75-an orang. Mereka berasal dari akademi, saka pariwisata, perwakilan sekolah se-Bontang, pelaku usaha yang bergerak di bidang pariwisata, Indonesia Chef Association (ICA), Perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI) Bontang, dan Kelompok Sadar Wisata Bontang. 

Sementara itu, Kepala Dispopar Bontang, Bambang Cipto Mulyono menyampaikan sambutan Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni. 

Kata dia, Dinpar Kaltim memilih Bontang menjadi tempat sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona, lantaran kota Taman dipandang cukup berkomitmen mempromosikan dan kembangkan pariwisata.

Dengan wilayah yang didominasi lautan. Pemkot Bontang sedang fokus mengembangkan wisata berbasis maritim. Pariwisata juga dipersiapkan sebagai penopang ekonomi Bontang era pasca migas. Dengan demikian, ia mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung cita-cita besar ini. 

Melalui sosialisasi ini. Diharapkan masyarakat makin teredukasi perihal konsep sadar wisata dan sapta pesona. Pemahaman itu niscaya bakal mengangkat kejayaan pariwisata.

Konsep sadar wisata sensiri ialah konsep dimana masyarakat proaktif dalam mendukung terwujudnya iklim yang kondusif bagi pengembangan pariwisata. Adapun unsur pendukung itu meliputi keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyataan, keindahan, serta keramah-tamahan. 

Sedang implementasi Sapta pesona ialah terciptanya lingkungan bersih, aman, tertib, dan memberikan layanan teratur dan efektif. Agar wisatawan nyaman menyambangi destinasi wisata. 

"Kegiatan sadar wisata ini sangatlah baik. Guna meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pariwisata semakin baik. Harapannya, tentu terjadinya pertumbuhan ekonomi  dan membuka lapangan pekerjaan," terangnya. 

Usai sambutan, peserta dipersilahkan menikmati coffee break. 15 menit berikutnya, agenda masuk ke pemaparan materi. Adapun pembicara dalam kegiatan ini berasal dari Dinpar Kaltim, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bontang, dan Dispopar Bontang. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0