21 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Persiapkan Kualitas Pencari Kerja lewat Sosialisasi


Persiapkan Kualitas Pencari Kerja lewat Sosialisasi
Puguh Harjanto. (FITRI/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.com -- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang menggelar sosialisasi penyuluhan informasi jabatan bagi pencari kerja sebagai upaya menghadapi tes potensi akademik, psikotes, dan wawancara di ruang auditorium 3 dimensi, Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Senin (15/4/2019) pagi.

Kegiatan ini dihadiri seratusan peserta yang sebelumnya mendaftarkan diri. Berasal dari pencari kerja lulusan SMA/Sederajat, Diploma, dan Strata 1 (S-1). Tujuannya, menyiapkan angkatan kerja yang siap menghadapi rangkaian rekruitmen kerja.

Plt Kepala Disnaker Bontang, Puguh Harjanto membuka langsung kegiatan ini. Dalam sambutanya, ia membacakan pesan Wali Kota Bontang, Neni Moernaeni. Dia berujar, Pemkot Bontang berkomitmen penuh menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Sejumlah hal ditempuh guna wujudkan hal itu. Pertama, merancang peraturan daerah (Perda) yang memberdayakan tenaga kerja lokal. Kedua, ramah investor. Ketiga, mengawal proses rekrutmen tenaga kerja agar transparan, adil, dan tak mendiskriminasi tenaga lokal.

Selain itu, Puguh turut menyampaikan. Total penduduk Bontang semester II tahun 2018 berjumlah lebih dari 170 ribu jiwa. Dengan rincian laki-laki 89 ribu jiwa, dan perempuan 81 jiwa.

Sementara itu, jumlah pencari kerja yang terdaftar di Disnaker Bontang sepanjang 2018 mencapai lebih dari 10 ribu jiwa. Sedangkan yang terserap industri hanya 1.162 orang.

Melihat deretan angka ini, lantas Bontang sebagai salah satu daerah dengan persentase pengangguran tertinggi se-kalimantan Timur. Yang kata Puguh berada di kisaran 12,44 persen.

Kondisi ini sejatinya cukup dilematis. Mengingat Bontang menyandang status kota industri. Itu sebabnya, Pemkot Bontang melalui Dinker Bontang bakal mempelajari lebih lanjut, akar persoalan ini.

Terakhir, Puguh berharap. Melaluinya kegiatan ini. Peserta penyuluhan akan lebih siap menyongsong tahapan seleksi kerja yang umum panjang dan berbelit. Lantaran telah mendapatkan pengetahuan lebih perihal proses itu.

"Tolong materinya disimak baik-baik. Agar ini nantinya dapat membantu peserta dalam proses rekrutmen," pintanya.

Selain peserta, kegiatan ini turut dihadiri perwakilan perusahaan yang beroperasi di Bontang. Diantaranya PT Yepeka Usaha Mandiri (YUM) dan Kaltim Daya Mandiri (KDM). ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0