22 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Hasil Perhitungan Sementara PAN Bontang, Golkar Rebut 5 Kursi DPRD


Hasil Perhitungan Sementara PAN Bontang, Golkar Rebut 5 Kursi DPRD
Ilustrasi

KLIKBONTANG.com -- Konstelasi perebutan kursi DPRD Kota Bontang memanas. Perhitungan suara yang dirilis Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bontang mendudukkan Partai Golkar sebagai pemenang pemilu. Partai berlambang pohon beringin itu meraih 5 kursi. 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) PAN Bontang Muhammad Ilyas mengatakan, data yang dirilis timnya baru perhitungan sementara. Perhitungan berdasarkan form C1 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dipegang saksi partai. 

 “Ini tabulasi independen kami. Tapi tetap hasilnya mengacu pada perhitungan KPU nanti,” kata Ilyas, Jumat (19/4/2019). 

Dari data yang dirilis PAN, 5 kursi yang diperoleh Golkar berasal dari tiga daerah pemilihan (Dapil). Rinciannya, Bontang Utara 2 kursi, Dapil Bontang Selatan 2 kursi dan 1 kursi lagi di Dapil Bontang Barat (selengkapnya lihat grafis). 

Namun, bukan hanya Golkar yang menjadi bintang dalam pemilihan legislatif (Pileg) periode ini. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pada Pileg lalu tak mendapatkan kursi, justru melejit. Hasil tabulasi KPPD PAN Bontang mendudukkan partai besutan Muhaimin Iskandar itu berhak atas 3 kursi di parlemen. 

KPPD PAN Bontang menghitung bahwa, suara PKB melonjak drastis di dapil Bontang Utara. PKB mendapatkan 2 kursi dengan raihan suara hampir 6 ribu. Suara yang didapatkan partai berlambang bola dunia dikelilingi  9 bintang itu hanya selisih tipis dari sang pemenang, Golkar. 

Sementara, kata Ilyas, tabulasi timnya juga menempatkan PAN di posisi 3 kursi. Partai berlambang matahari itu mendapatkan 2 kursi di dapil Bontang Utara dan 1 di daerah pemilihan Bontang Selatan. 

“Ini hasil penghitungan berdasarkan C1 yang dipegang saksi kami di lapangan. Bisa saja berbeda dengan partai lain,” ucap Ilyas. (*)

 

Grafis --

Dapil Barat:
 
1. Gerindra
2. PKS
3. Golkar 
4. PPP
 
Dapil Selatan:
 
1. Golkar
2. Golkar 
3. Nasdem
4. PAN
5. Hanura
6. PKS 
7. PKB
8. Demokrat
9. Gerindra
10. Berkarya
 
Dapil Utara:
 
1. Golkar 
2. PKB
3. PAN
4. Gerindra 
5. PKS
6. PPP
7. PDIP
8. Nasdem
9. Golkar 
10. PKB
11. PAN

 

 

Reporter : Marki    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0