19 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Serukan Germas Ibu Hamil, Diskes Ingin Wujudkan Ibu Sehat dan Generasi Berkualitas


Serukan Germas Ibu Hamil, Diskes Ingin Wujudkan Ibu Sehat dan Generasi Berkualitas
Wali Kota Neni ikut senam sehat bagi ibu hamil di Auditorium Taman 3D, Selasa, 30 April 2019. FOTO: HUMAS

KLIKBONTANG.com -- Upaya mewujudkan ibu hamil yang sehat dan generasi berkualitas dilakukan, Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang menggalakkan Germas (Gerakan Masyarakat) sehat bagi ibu hamil di Auditorium Taman 3D, Selasa, 30 April 2019.

Agenda ini melibatkan sebanyak 100 ibu hamil beserta pasangannya dan para kader dari 6 puskesmas di Bontang. Mereka diajak melakukan senam khusus ibu hamil. Dirangkai Talk Show bersama dr Khoirul Amin Dalimunthe, Sp.OG yang bertugas di RS Yabis dan RS Pupuk Kaltim serta dr Widjayanto spesialis gizi klinik yang bertugas di RSUD Bontang.

Beberapa materi yang dibawakan berisi misalnya penjelasan tentang mitos atau fakta terkait kehamilan serta kiat-kiat mengatasi hipertensi melalui pola makan. Salah satu kendala yang disebut dapat menghambat kehamilan.

Plt Kepala Diskes Bontang, dr Bahauddin menerangkan pentingnya senam ibu hamil agar para ibu dapat melahirkan secara nyaman, lancar dan tanpa komplikasi.

"Gerakan-gerakan senam akan membantu ibu hamil memelihara perkembangan bayi saat dalam kandungan," ucapnya.

Bahauddin mengatakan hal tersebut seperti yang terkandung dalam Alquran. Diketahui bahwa panca indra pertama bagi bayi yang berfungsi adalah pendengaran. Sehingga, tidak sedikit anak-anak berusia tiga tahun mampu menghafal Al-quran. Hal itu lantaran si ibu sering memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci tersebut pada saat mengandung.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk merangsang otak anak yang sudah dimulai saat dalam kandungan. Bahauddin pun mengajak para suami agar selalu memberi perhatian lebih kepada istri mereka supaya dapat menjalani proses kehamilan dengan baik.

"Misalnya melakukan senam, bisa bergembira dan selalu termotivasi sampai saat proses persalinan," tambahnya.

Disamping itu, ibu hamil diupayakan melakukan minimal empat kali senam saat kehamilan. Hal tersebut pun dapat dilakukan di setiap puskesmas yang memiliki kelas ibu hamil.

"Kita harapkan dengan kasih sayang yang diberikan suami mereka, dapat menstimulasi otak bayi yang ada dalam kandungan," imbaunya disela-sela kegiatan.

Tujuan lain ialah agar para ibu dapat melahirkan dengan aman dan lancar sehingga mampu menurunkan angka kematian ibu dan anak. Apalagi jika terdapat hipertensi yang diharuskan disertai pengawasan.

Sementara itu, Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni berharap agenda ini mampu mengedukasi pasangan usia subur tentang pentingnya merawat kehamilan. Germas Ibu Hamil ialah bentuk kecintaan Pemkot Bontang terhadap para ibu.

Diterangkan Neni, Pemkot Bontang tak hanya memberi perhatian kepada anak-anak sekolah dan usia dini tetapi juga kepada orang tua mereka. Mengurangi angka kematian saat mengandung dan melahirkan.

Disamping melakukan senam minimal empat kali saat masa kehamilan serta melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, para ibu juga diwajibkan mendapat imunisasi.

"Kalau rumah tangga ingin bahagia, sakinah mawaddah wa rahmah tentu harus saling sayang menyayangi. Jangan hanya saling melihat kekurangan," imbaunya.

Wali Kota Neni juga mengimbau kepada para ibu agar senantiasa menggalakkan Germas dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

"Informasi ini penting disampaikan kepada pasangan usia subur. Hari ini pertama kali terlaksana di lingkungan Pemkot Bontang," pungkasnya.

Neni berharap, Germas Ibu Hamil dapat rutin terlaksana dan tidak terputus karena menjadi salah satu langkah membangun manusia berkualitas yang diawali dengan kehamilan berkualitas.(inforial)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0