21 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Nikmatnya Bolu Peca Khas Bugis untuk Berbuka Puasa


Nikmatnya Bolu Peca Khas Bugis untuk Berbuka Puasa
Bolu Peca khas bugis yang bisa jadi alternatif menu berbuka puasa.

KLIKBONTANG- Di antara barisan penjaja kue di Pasar Ramadhan, Bolu Peca menjadi makanan yang kerap ditemukan masyarakat Bontang. Kue khas dari masyarakat bugis yang dibuat dengan cara dikukus dan berbahan tepung beras putih, telu, gula merah ini tak pernah absen dijual.

Rasa manis dari bolu peca sangat khas yang tentunya dengan kelembutan ketika sudah masuk dimulut. Nah, mungkin banyak dari klikers yang ingin mencoba kue asli orang bugis ini tapi tidak tahu cara membuatnya, berikut kami sajikan resep dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan 

Bahan Bolu Tepung

beras putih sangrai 4 sendok makan

Telur ayam 3 butir

Soda kue ½ dt

Bahan Gula

Gula merah ¾ kg

Vanili ½ sdt

Air bersih 1 gelas

Garam dapur ½ sdt

Cara Membuat:

Terlebih dahulu buat adonan bolu dengan cara mencampurkan telur dengan soda kue, kocok sampai mengembang. Tambahkan tepung beras sangrai ke dalam campuran bahan di atas, sisihkan. Kemudian tuang adonan ke dalam Loyang berukuran 15 cm dengan diolesi mentega pada bagian permukaan Loyang Kukus selama 15 menit sampai matang sempurna.

Sementara itu, rebus air bersama dengan gula merah, garam serta vanili, aduk rata dan tunggu hingga larut dan mencair, saring dan masak kembali sampai mendidih. Setelah kue bolu matang, angkat dan potong-potong sesuai selera. Lalu celupkan ke dalam air campuran gula merah yang direbus tadi sampai bolu menjadi kecoklatan. Ulangi sampai semua potongan bolu dicelupkan. Sisihkan dan hidangkan di atas wadah saji. (*)

Reporter :     Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0