26 Mei 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

ASN Bontang Terima THR Capai Rp15 Juta, Gaji ke-13 Dibayar Juli


 ASN Bontang Terima THR Capai Rp15 Juta, Gaji ke-13 Dibayar Juli
Ilustrasi. (CNBC)

KLIKBONTANG.com -- Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Bontang sebentar lagi bakal menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13. Nilainya diperkirakan capai belasan juta rupiah.

“Jika tidak salah, nanti pegawai bisa terima sampai Rp 15 juta,” ujar Ketua Badan Anggaran (Banggar), Nursalam usai rapat paripurna, Senin (13/5/2019).

Nilai THR bagi ASN Bontang ini diakui Salam lebih besar daripada dirinya dan ke-24 anggota DPRD Bontang lainnya. Nilainya ditaksir tak mencapai puluhan juta. Salam mengaku nominal rupiah yang bisa diterima di bawah Rp 5 juta. Paling cuman Rp 4 jutaan saja.

Itu semua didapatkan dari komponen pemberian THR bagi dirinya serta 24 anggota dewan hanya 3 komponen, diantaranya uang representatif, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Komponen tunjangan THR yang diterima 25 anggota DPRD Bontang tak berbeda dengan pejabat negara, masing-masing hanya terima dari 3 komponen.

Berbeda dengan pegawai, Aparatur Sipil Negara ini bakal menerima uang dengan 5 sumber yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. Adapun besaran THR yang diterima yakni sebesar pendapatan satu bulan gaji.

Selain itu, uang yang mereka terima tanpa mendapatkan potongan pajak atau potongan lain seperti upah yang diterima pada bulan-bulan lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni menambahkan pemberian THR sangat bermanfaat. Pasalnya dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri dampak lainnya juga bakal meningkatkan daya beli yang berimbas terhadap roda ekonomi daerah.

Sedangkan untuk pembayaran gaji ke-13 nanti baru bisa dilakukan pada Juli mendatang. Pencairan dana gaji 13 sudah diatur di dalam PP Nomor 18/2018.

“Pembayaranya baru dilakukan saat memasuki tahun ajaran baru, untuk membantu pegawai, pejabat negara dan anggota DPRD dalam pembiayaan tambahan,” pungkasnya.

Untuk informasi, Pemkot Bontang mengusulkan Raperda Tentang Tunjangan Hari Raya dan Tunjangan Ketiga Belas kepada pejabat negara, Anggota DPRD dan PNS Kota Bontang segera dirampungkan, Senin (13/5/2019).

Aturan ini rencananya bakal selesai dalam waktu singkat. DPRD dan Pemkot Bontang berupaya produk hukum bisa rampung kurun waktu hanya 5 hari. KLIK JUGA: Tak hanya PNS, Honorer di Pemkot Bontang juga Terima THR

Raperda tentang Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13 ini mengatur besaran rupiah yang bakal diterima Pejabat Negara (Walikota dan Wawali), seluruh anggota DPRD Bontang dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Bontang. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih     Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0