20 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Geser Pelindo, Perusda AUJ Lirik Kelola Pelabuhan Lok Tuan


Geser Pelindo, Perusda AUJ Lirik Kelola Pelabuhan Lok Tuan
Gedung Pelabuhan Lok Tuan.

KLIKBONTANG.com -- Peluang usaha pengelolaan Pelabuhan Lok Tuan mulai dilirik Perusda AUJ Bontang. Prosesnya pun sudah mulai membentuk Badan Usaha Pelabuhan (BUP) agar bisa mengelola pelabuhan yang selama ini dikelola PT Pelindo IV.

"Kami masih menunggu rekomendasi dari Pelindo dan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI)," jelas Direktur Perusda AUJ HM Zuchli Imran kepada awak media, di Kantor DPRD Bontang, Selasa (14/5/2019)

Perusda AUJ Bontang menggandeng perusahaan swasta dalam pembentukan BUP ini. Imran mengaku, investasi untuk pendirian badan usaha bersumber dari Perusda AUJ.

Namun demikian, hasil keuntungan dari pengelolaan BUP bakal dibagi dengan mitra perusahaan swasta tersebut. “Iya saya lupa nama perusahaannya, tapi kami belum bicara berapa presntase bagi hasil. Masih berupa draft sih nanti saja lah,” ungkapnya.

Informasi tambahan, sejak dikelola pada 2014, Pelindo IV sudah berkontribusi sekira Rp 6,7 miliar. Pemkot Bontang mendapat bagi hasil tahun pertama senilai Rp 1,2 miliar dan di tahun kedua Rp 1,8 miliar.

MoU pun berlanjut dengan pembaruan di 2016. Awalnya bagi hasil 50:50, di 2016 Pemkot Bontang meminta 55:45. Selain itu, ada kontribusi tetap yang dibayar saat awal tahun sejak 2016 senilai 0,30 persen dari nilai aset.

Aktivitas bongkat muat yang dilakukan sejumlah industri besar di Kota Bontang menjadi sumber pendapatan bagi pelabuhan. ***

Reporter : Said NR     Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0