16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

PPDB Bontang; Jarak Rumah ke Sekolah 400 Meter, Langsung Diterima


PPDB Bontang; Jarak Rumah ke Sekolah 400 Meter, Langsung Diterima
Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang, Saparuddin.

KLIKBONTANG.com -- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di Kota Bontang, Kalimantan Timur berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kini calon siswa baru tidak bisa memilih beberapa sekolah saat mendaftar, jika jarak rumah ke sekolah dalam radius 400 meter.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang, Saparuddin mengatakan, penerapan sistem zonasi ini membuat setiap pelamar hanya memilih satu sekolah. Kendati beberapa sekolah tergabung dalam satu zona. Hal ini termuat dalam petunjuk teknis yang telah dikeluarkan oleh Disdikbud.

“Jadi untuk alur zonasi satu, calon siswa baru yang masuk dalam radius 400 meter langsung diterima. Tetapi, jika dalam radius itu terdapat lebih dari satu sekolah maka pelamar harus memilih salah satu,” kata Saparuddin.

Pendaftaran zona satu ini dibuka pada 24-28 Juni. Radius yang ditentukan dihitung melalui peta Google Maps. Berkenaan dengan jarak rumah tinggal menuju sekolah dituju.

Jika peserta calon siswa mengambil alur zonasi kedua, maka mari beberapa sekolah yang tergabung dalam zona tertentu, wajib dipilih salah satu. Jika peringkatnya di luar kuota daya tampung sekolah, maka dipastikbonn tersisih dan gagal untuk masuk sekolah negeri.

“Misalnya tempat tinggalnya masuk di zona C untuk proses PPDB tingkat SMP. Pelamar wajib memilih salah satu di antara SMP 4, SMP 5, atau SMP 9. Jika pilihan diambil dan gagal maka peluangnya hanya bisa mendaftar di sekolah swasta pada tahun ini,” terangnya.

Diketahui, proses pendaftaran melalui zonasi dua berlangsung selama empat hari. Mulai 1-5 Juni. Pelaksanaan ini berbarengan dengan pendaftaran bagi pindahan yang berasal dari luar daerah.

Sebab itu, Saparuddin menuturkan proses zonasi ini diakui lebih rumit dibandingkan mekanisme afirmasi. Sebab, saat afirmasi setiap indikator baik itu zonasi, keluarga tidak mampu, dan prestasi dihargai dengan pemberian dan poin.

Akan tetapi, regulasi dari pemerintah pusat ini wajib dilaksanakan. Karena telah tertuang dalam Permendikbud 51/2018. Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, Disdikbud Bontang pun melakukan sosialisasi di tiap kelurahan. Tujuannya agar masyarakat memahami mekanisme PPDB tahun ini. **

Reporter : Ramadhan NR    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0