16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Misteri Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan Selatan


Misteri Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan Selatan
Pulau Saranjana (Foto: verdilaurent.blogspot.com)

KLIKBONTANG.com -- Berbicara soal hal gaib di Indonesia tidak pernah ada habisnya. Banyak daerah di Nusantara yang memiliki kisah-kisah yang bikin bulu kuduk merinding. Dan menariknya, cerita-cerita mistis tersebut malah semakin membuat orang penasaran.

Seperti sebuah kisah dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Bagi orang luar Kalimantan nama Kota Saranjana mungkin terdengar asing, namun bagi masyarakat Kalimantan, terutama Kalsel, kisah tentang Saranjana sudah begitu melegenda.

Saranjana diyakini adalah sebuah kota yang dihuni oleh makhluk-makhluk tak kasat mata. Letaknya tidak diketahui secara pasti karena di peta pun, wilayahnya tidak tercantum. Disebut-sebut, Saranjana berada di sekitar Pulau Laut, Kotabaru, Kalsel.

Dari luar, Saranjana tidak lebih dari sebuah pulau tak berpenghuni tetapi dipercaya ada kehidupan makhluk gaib di sana selayaknya kota-kota yang dihuni oleh manusia. Tidak banyak yang dapat melihat aktivitas mereka, namun banyak masyarakat Kotabaru yang percaya, kehidupan di Saranjana hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang dapat melihat hal-hal gaib. Tidak sedikit juga yang meyakini bahwa Saranjana menjadi tempat tinggal bagi jin Muslim.

Rumor soal kota misterius ini menjadi semakin heboh lantaran keberadaannya tak tercatat dalam peta Indonesia. Menurut keterangan warga Kotabaru, terdapat peradaban di Kota Saranjana. Seperti kota besar pada umumnya, kota gaib ini juga memiliki jalanan yang lebar, gedung pencakar langit hingga kendaraan yang berlalu lalang.

Bahkan konon, di kota ini juga terdapat perumahan yang mewah dan megah dengan pagar tinggi mengkilat. Sementara masyarakatnya, dikabarkan memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan kita.

Penghuni Kota Saranjana konon berparas cantik dan tampan serta harum. Namun, yang membedakan adalah orang-orang di kota itu tak memiliki dua garis antara bibir dan hidung. Mereka dikenal dengan sebutan orang Halimun.

Sejumlah kisah mistis menyelimuti keberadaan Saranjana ini. Ada beberapa orang yang pernah merasakan langsung pengalaman mistis terkait Kota Saranjana ini. Dikisahkan, pernah ada seorang warga Kotabaru yang hilang tanpa jejak. Konon kabarnya, warga tersebut sengaja diambil oleh warga Kota Saranjana untuk dijadikan imam.

Selain itu, ada pula penduduk Kotabaru yang menceritakan jika pernah ada seorang nelayan yang hilang di tengah laut. Menurut kabar, nelayan itu diselamatkan oleh warga Saranjana. Kabar itu pun diperkuat oleh kesaksian seorang muslimah yang mengatakan jika nelayan tersebut hidup bahagia di Kota Saranjana.

Beberapa warga juga mengaku sering mendengar suara musik dari arah Pulau Saranjana. Yang semakin membuat merinding, diceritakan pernah ada sebuah perusahaan alat berat menerima pesanan yang dialamatkan ke Kota Saranjana sekira tahun 1980-an.

Konon saat itu, Pemerintah Kotabaru dibuat bingung saat menerima kiriman alat-alat berat dari Jakarta yang ditujukan ke Kota Saranjana padahal tidak ada lokasi yang sesuai dengan alamat itu. Mereka pun merasa tidak pernah memesan alat-alat berat tersebut. Yang lebih membingungkan, alat berat itu sudah dibayar lunas oleh si pemesan. Kisah ini begitu melegenda dan menyebar dari mulut ke mulut.

Cerita lain yang pernah beredar adalah, pengalaman seseorang yang pernah masuk ke Saranjana, mengatakan bahwa nasi dan buah jambu di sana ukurannya lebih besar dibandingkan aslinya, tapi anehnya saat keduanya dibawa ke luar Saranjana, ukurannya menjadi normal kembali.

Ada pula yang mengisahkan kalau suatu hari seorang dari Kotabaru diculik untuk dijadikan imam di Kota Saranjana. Terlepas dari pro kontra keaslian, Saranjana sudah tumbuh menjadi legenda bagi masyarakat Kotabaru. Pada akhirnya semua kembali ke diri Anda masing-masing, memilih percaya atau tidak. ***

Reporter : Ramadhan NR    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0