10 Desember 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Gaji PNS bakal Naik Tahun Depan


Gaji PNS bakal Naik Tahun Depan

KLIKBONTANG.com -- Kementerian Keuangan berencana menaikkan lagi gaji aparatur sipil negara atau ASN untuk tahun anggaran 2020. Kenaikan tersebut diharapkan, mampu menjaga dan meningkatkan kualitas kinerja maupun pelayanan ASN terhadap masyarakat Indonesia.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan, belanja pegawai pada 2020, khususnya terkait sistem penggajian, akan diupayakan konsisten dengan apa yang dilakukan pada 2019. Pada tahun itu, gaji ASN maupun pensiunan telah dinaikkan sebesar lima persen.

Menurut dia, penyesuaian gaji ASN yang belum mau dirincikan besarannya itu juga akan diikuti dengan kebijakan untuk mempertahankan pemberian tunjangan hari raya maupun gaji ke-13 yang setiap tahunnya telah dianggarkan oleh pemerintah.

"Peningkatan gaji pokok dan hari raya konsisten kita jaga. Kebijakan ini, tentunya terkait 2020, akan dipertahankan dan diperkuat serta dievaluasi," kata Askolani di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis 27 Juni 2019.

Dia menegaskan, jika pemerintah setiap tahunnya mampu menjaga pendapatan ASN dan pensiunan layak, reformasi birokrasi yang diupayakan selama lima tahun terakhir akan semakin optimal. Itu berimplikasi terhadap kinerja yang semakin berkualitas dan pelayanan yang semakin maksimal.

"Harapannya, pemerintah bisa selesaikan reformasi birokrasi beberapa tahun ke depan. Insentif penggajian, termasuk pensiunan minimal menjaga income mereka stabil," tuturnya.

Di samping penggajian itu sendiri, Askolani memastikan penerimaan ASN pada 2020, juga akan tetap diupayakan ada. Hal itu diperuntukkan, supaya posisi kosong ASN yang ditinggalkan, karena masuknya masa pensiun bisa ditutupi oleh pegawai baru.

"Kita tahu, selama ini kita telah mempertahankan penerimaan pegawai ASN, termasuk TNI Polisi setiap tahunnya, minimal untuk gantikan pegawai yang pensiun. Terkait 2020, akan dipertahankan dan diperkuat, serta dievaluasi agar penerimaan pegawai lebih matching dengan kebutuhan," jelas dia.

Tak hanya itu, pemerintah juga memastikan Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri akan kembali mendapatkan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) pada 2020. Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani.

Askolani menyampaikannya dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI yang membahas kebijakan belanja dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Dia mengatakan belanja pegawai KL di 2020 tersebut diarahkan untuk mendukung birokrasi yang efisien, melayani dan bebas korupsi. "Kita mempertahankan kebijakan penggajian yang sudah ada termasuk gaji ke-13 dan THR untuk PNS," kata dia di Jakarta mengutip Merdeka.

Askolani menyebut secara rata-rata sejak 2014-2019 pertumbuhan belanja pegawai sendiri tumbuh 9,5 persen per tahunnya. Adapun pertumbuhan itu dipakai untuk pemberian gaji ke-13 dan THR untuk aparatur dan pensiunan.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajukan pagu indikatif anggaran belanja pemerintah pusat untuk Kementerian Lembaga (KL) di 2020 sebesar Rp854 triliun. Angka ini turun 0,25 persen jika dibandingkan dengan yang diajukan pada 2019 sebesar Rp855 triliun.

Sebelumnya, Askolani, menyampaikan salah satu konsen pemerintah pada 2020 yaitu meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN). Peningkatan kinerja ASN ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan penghasilan para PNS. ***

Reporter : Inara | berbagai sumber    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0