20 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Memelihara Kucing, Bakal Bertemu di Surga?


Memelihara Kucing, Bakal Bertemu di Surga?

KLIKBONTANG.com -- Sebagian orang mungkin memilih kucing sebagai hewan peliharaan. Selain menggemaskan, kucing bisa jadi media melepas penat. Kucing juga mendapat tempat istimewa bagi umat Islam. Hewan ini sangat disukai Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Rasulullah bahkan sampai menjuluki salah satu sahabatnya dengan nama Abu Hurairah yang artinya 'Bapak Kucing Kecil' atau 'Bapaknya Anak Kucing'. Sebabnya, Rasulullah pernah menjumpai Abu Hurairah membawa anak kucing di balik lengan bajunya, yang diambil dari jalanan.

Ada pendapat yang menyebut orang yang memelihara kucing bakal bertemu dengan hewan itu di surga kelak. Benarkah pendapat ini?

Dikutip dari Siakapkeli, Mufti Wilayah Persatuan Malaysia, Zulkiflli Mohammad Al Bakri, memberikan fatwa mengenai persoalan ini. Menurut dia, umat Islam dituntut untuk selalu melakukan kebaikan baik kepada sesama Muslim maupun non-Muslim, apalagi kepada hewan. "Keadaan hewan di akhirat kelak tidak sama dengan manusia," tulis Zulkifli.

Menurut Zulkifli, kebaikan dan keburukan yang dilakukan seekor hewan tidak akan dihisab di akhirat kelak. Hewan juga tidak akan dimasukkan ke surga sebagaimana orang bertakwa. "Sebaliknya, semua hewan akan jadi debu di akhirat kelak," kata dia.

Zulkifli mendasarkan pandangannya pada hadis riwayat Thabari dari Abu Hurairah RA. "Sesungguhnya Allah akan mengumpulan semua makhluk (di akhirat nanti). (Yaitu) setiap hewan, burung-burung, dan juga manusia. Lalu Allah berkata kepada hewan-hewan dan juga burung, 'Jadilah kamu tanah'."

Zulkifli lebih menganjurkan setiap orang lebih berusaha untuk memastikan diri agar ditempatkan ke dalam surga oleh Allah SWT. Caranya dengan memperbanyak amalan sholeh selama hidup di dunia. Salah satu bentuk amalan sholeh tersebut yaitu merawat hewan peliharaan dengan baik. Amalan tersebut bisa mengantarkan seseorang menuju surga.

Justru ketika berada di surga, setiap kemauan seseorang akan terkabul. Hal itu sebagai bentuk ganjaran Allah bagi dirinya, seperti tertuang dalam Surat Al Zukhruf ayat 71."Di dalamnya (surga) terdapat segala hal yang diinginkan tiap-tiap jiwa juga perkara-perkara yang melezatkan pandangan mata." ***

Reporter : Inara | berbagai sumber    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0