22 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Selangkah Menuju Grade Paripurna, Klinik Pegawai Pemkot Bontang Sasar Prestasi Nasional


Selangkah Menuju Grade Paripurna, Klinik Pegawai Pemkot Bontang Sasar Prestasi Nasional
Kedatangan Tim Surveyor disambut ramah dan meriah oleh petugas Klinik Pegawai Pemkot Bontang.(KLIKBONTANG/FANNY)

KLIKBONTANG.com -- Demi mempertahankan mutu pelayanan dan mendapatkan grade terbaiknya, Klinik Pegawai Pemkot Bontang mendapat akreditasi ulang (Re-Akreditasi), 23 hingga 24 Juli 2019.

Re-Akreditasi dilakukan agar tercapai pelayanan mutu maksimal secara berkesinambungan. Meningkatkan mutu pelayanan dan  kepuasan terhadap pasien atau klien.

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ini dianggap konsisten memberi standar pelayanan secara maksimal. Seperti yang diutarakan Wali Kota Bontang, dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. OG.

"Kalau saya pantau selama ini pegawai di Bontang sudah terlayani dengan baik disini," ucap Neni memberi tanggapannya saat turut menyambut Tim Surveyor, Selasa 23 Juli 2019.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Neni pun mengapresiasi kinerja seluruh pegawai, karyawan dan tim di Klinik Pegawai yang telah memberikan pelayanan dengan sepenuh hati.

Sebab, lanjut Dokter Spesialis Kandungan itu, kesehatan merupakan urusan wajib yang perlu jadi perhatian pemerintah. Neni juga menceritakan jika berdirinya klinik pegawai ini bermula dari klinik dokter keluarga.

Disamping itu, Wali Kota Neni turut mengenalkan Kota Bontang kepada Tim Surveyor. Daerah dengan berbagai kondisi, fase-fase pembangunannya hingga prestasi yang telah dan akan dicapai.

"Bukan penghargaan yang kita kejar, tetapi selalu berusaha memberi pelayanan yang maksimal," kata Neni.

Agenda ini pun mendapat perhatian dari Asisten II Pemkot Bontang Bidang Administrasi dan Pembangunan, Ir. Zulkifli, MT yang ikut menyambut Tim Surveyor.

"Ini adalah tindak lanjut akreditasi yang telah dilakukan 3 tahun sebelumnya. Menjadi komitmen karyawan disini memperbaiki mutu pelayanan mereka," ucapnya.

Ia menyebut jika semakin meningkat mutu pelayanan, artinya tingkat kesehatan masyarakat yaitu pegawai diharapkan turut meningkat. Selain itu, semakin baik kualitas pelayanan  maka petugas pun semakin mudah menjalankan tugasnya.

Lewat Re-Akreditasi ini, Zulkifli berharap seluruh target pemerintah kota, provinsi hingga pusat atau nasional dapat tercapai. Juga berharap adanya masukan dari hasil evaluasi yang dilakukan Tim Surveyor untuk perbaikan dan penyempurnaan pelayanan Klinik Pegawai Pemkot kedepan.

Tim Surveyor berasal dari Komisi Akreditasi Kesehatan FKTP. Mereka adalah dr. Masjhur SH, M.Kes selaku ketua tim dan dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes sebagai anggotanya.

"Ini klinik pertama di indonesia, menuju peringkat Paripurna," kata dr. Masjhur SH, M.Kes saat momen perkenalan diri dan menerangkan metode Re-Akreditasi.

Tujuan Re-Akreditasi juga agar tercapai pelayanan mutu maksimal secara berkesinambungan. Meningkatkan mutu pelayanan dan  kepuasan terhadap pengunjung atau pasien.

"Kami sebagai surviyor, selama dua hari kedepan akan melakukan pengawasan di klinik ini. Kami akan menjaga kerahasiaan selama melakukan survei," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, jika Re-Akreditasi dilakukan untuk meninjau apakah akreditasi yang telah dicapai sebelumnya telah berjalan baik. Bagaimana prosedur kerja itu telah diimplementasikan oleh seluruh karyawan di Klinik Pegawai Pemkot Bontang.

Mewujudkan pelayanan terbaik buat pasien sekaligus memperhatikan unsur keselamatan terhadap pasien. Surveyor akan melihat ada atau tidaknya peningkatan dan perubahan pelayanan mutu yang diterapkan.

"Kita akan nilai selama dua hari ini dari aspek manajerial maupun aspek pelayanan kepada pasien," imbuhnya.

Meski penilaian hanya memakan waktu cukup singkat, pihaknya yakin dapat memberikan evaluasi terhadap Klinik Pegawai Pemkot Bontang. Penilaian mencakup diantaranya pelayanan yang diberikan kepada pasien apakah dijaga sesuai prosedur. Kemudian aspek-aspek manajerial menunjang untuk hal itu. Termasuk semua fasilitas dan alat-alat penunjang lainnya.

"Mudah-mudahan baik. Kita dengar tiga tahun lalu sudah baik. Jadi kami harap ini bisa lebih baik lagi," kesannya. (INFORIAL)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Said NR



Comments

comments


Komentar: 0