23 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Kunjungi Lapas Bontang, Dirjen PAS Terkesan Dengan Program Warga Binaan


Kunjungi Lapas Bontang, Dirjen PAS Terkesan Dengan Program Warga Binaan
Dirjen Pas Kemenkumham RI, Sri Puguh Budi Utami, dan Kalapas Bontang, Heru Yuswanto, usai meninjau bengkel kerja pemberdayaan warga binaan Lapas Bontang (foto Fitri)

KLIKBONTANG --- Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Sri Puguh Budi Utami, melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III A Bontang, Rabu (7/8/2019) siang. Kunjungan perempuan pertama yang menjabat Dirjen PAS ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program pembinaan warga binaan yang dijalanlan Lapas Bontang.

Adapun pembinaan dimaksud ialah keahlian dalam bidang tertentu. "Kami (Rombongan Dirjen PAS) datang ke sini untuk melakukan evaluasi terhadap Lapas Bontang," ujarnya kepada awak media, Rabu (6/8/2019) siang.

Usai meninjau langsung program yang dijalankan Lapas Bontang, Utami mengaku cukup terkesan. Ia melihat, program pemberdayaan seperti pelatihan bakat seni, bengkel kerja, pelatihan membuat kerajinan tangan, budidaya tumbuhan, peternakan, dan pengelolaan koperasi, berjalan cukup baik di lapas terbesar di Kaltim itu.
 
"Lihat hasilnya ini, saya kira Lapas Bontang cukup berhasil menjalankan programnya," beber Utami.
 
Dari pemberdayaan ini, diharapkan warga binaan akan memiliki keterampilan tertentu. Agar kelak ketika mereka bebas, dan kembali berbaur dengan masyarakat, mereka tidak datang dengan "tangan hampa". Namun memiliki keahlian, untuk mencari kerja, atau bahkan mencetak lapangan kerja dari keahlian tersebut. Tentu juntrungnya, eks penghuni lapas sutuhnya sadar, dan tidak mengulang kembali tindakan melanggar hukum.
 
Selain itu, Utami juga menyoroti soal sinergitas yang terbangun. Antara Lapas Bontang, Pemkot Bontang, dan stakeholder lain, dalam hal ini perusahaan, dalam menjalankan program pemberdayaan warga binaan. Menurutnya, inilah faktor penentu suksesnya program pembinaan di Bontang. Karena setiap unsur saling mendukung.
 
"Saya kira di Bontang ini bagus. Program pembinaan warga binaan sangat didukung. Baik pemerintah, juga perusahaan," pungkasnya.
Reporter : Fitri    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0