19 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Satu-Satunya di Indonesia, Kelurahan Belimbing Terpasang CCTV di Seluruh RT


Satu-Satunya di Indonesia, Kelurahan Belimbing Terpasang CCTV di Seluruh RT
Lurah Belimbing, Adi Dharmawan, saat menjelaskan tentang pemasangan 3 unit CCTV di setiap RTdi Kelurahan Belimbing.

KLIKBONTANG -- Sebanyak 51 RT di Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, sudah terintegrasi Closed Circuit Television (CCTV).

Lurah Belimbing, Adi Dharmawan menjelaskan, CCTV yang terpasang di setiap RT berjumlah tiga unit. Total keseluruhan adalah 51 RT di Kelurahan Belimbing, sehingga berjumlah seluruhnya 153 unit CCTV.
 
Dijelaskan, pemasangan kamera pengintai ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan warga. Selain itu, CCTV juga diperlukan sebagai bukti penguat, kalau-kalau tindakan kriminal telah terjadi.
 
"Saya kira, kalau ada CCTV, tindakan kriminal bisa diminimalisir. Orang jadi takut melakukan tindakan kriminal kalau tahu di tempat itu ada CCTV-nya," urai Lurah Adi.
 
Lebih jauh dia paparkan, pemasangan CCTV di Kelurahan Belimbing sejatinya telah rampung sejak akhir 2018 silam. Namun untuk saat ini, monitoring CCTV hanya bisa dilakukan oleh Ketua RT saja. Lantaran  hingga kini command center belum dibangun.
 
Rencananya, sebelum akhir tahun 2019, command center akan dibangun. Letaknya tepat berdampingan dengan Kantor Kelurahan Belimbing. Nantinya command center berfungsi sebagai pusat komando dan monitor seluruh CCTV di Belimbing.
 
"Insya Allah sebelum akhir tahun melalui anggaran perubahan. Nilainya (Pembangunan command center) enggak sampai 200 juta," bebernya.
 
Lurah Adi menambahkan. Keberadaan CCTV di seluruh RT di Belimbing merupakan prestasi tersendiri bagi Bontang, khususnya bagi daerah yang dipimpinnya itu. Pasalnya, hingga kini belum ada kota/kabupaten yang di seluruh RT di satu kelurahan dipassangi CCTV. Baru Bontang di Kelurahan Belimbing yang miliki itu. Terlebih jumlahnya banyak (3 unit per RT, red) dan seluruh dana pemasangan dibiayai Pemkot Bontang. Yakni melalui Program Produta (Program Dua Ratus Juta).
 
"Kami bangga. Tentu ini tidak lepas dari komitmen Pemkot untuk meningkatkan rasa aman warganya," pungkasnya.
Reporter : Fitri    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0