19 Januari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Agar Semakin Kompeten Jalankan Bisnis, Pupuk Kaltim Latih Kelembagaan Koperasi Binaannya


Agar Semakin Kompeten Jalankan Bisnis, Pupuk Kaltim Latih Kelembagaan Koperasi Binaannya
FOTO : Penuh semangat memulai kegiatan, Tim Departement CSR Pupuk Kaltim mengabadikan momen bersama pelatih, Pemkot Bontang dan para peserta.(Dok.Humas Pupuk Kaltim/Fauzi)

KLIKBONTANG -- Agar mitra binaannya semakin solid dan berkompeten, Pupuk Kaltim melatih Koperasi Kelompok Mekarsari dan KJA (Keramba Jaring Apung) Bontang Etam Maritim mengenai manajemen kelembagan koperasi di Gedung Diklat Ruang B6 Lantai Dua, 14 sampai 15 Agustus 2019. 

Pupuk Kaltim mendatangkan pelatih dari sebuah Lembaga Pendidikan Koperasi Provinsi Kaltim yaitu Jumri selaku Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan Pusat Koperasi Unit Desa (KUD) Kaltim. Pelatihan diawali dengan psikotes seputar Koperasi. Kemudian, berlanjut pemaparan materi yang berawal dari penguatan prinsip dan jati diri bagi lembaga berasas kekeluargaan untuk kepentingan bersama ini.
 
Plt Superintendent Bina Wilayah Departement Corporate Social Responsbility (CSR) Pupuk Kaltim, Agus Hermanto mengatakan hal ini sebagai upaya perusahaan dalam menguatkan kelembagaan mitra binaan CSR Pupuk Kaltim khususnya yang telah berbentuk koperasi.
 
"Ini merupakan dorongan agar mereka dapat lebih mandiri sehingga mampu menjalankan bisnis yang ada pada koperasi lebih efektif dan efesien sesuai kaedah koperasi sebagaimana mestinya," tuturnya.
 
Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan koperasi dari segi kelembagaan, SDM, usaha dan jaringan Koperasi. Disamping itu, guna memastikan peran koperasi sebagai salah satu faktor yang turut memberi dampak pembangunan bagi perekonomian daerah.
 
Ia berharap, para peserta dapat memahami pentingnya manajemen kelembagaan dalam sebuah kelompok yang berbentuk koperasi. Mampu menyusun rencana bisnis, laporan keuangan sesuai standar dan SOP (Standard operating procedure). 
 
"Semoga setelah pelatihan ini, koperasi binaan Pupuk Kaltim dapat meningkatkan semangat berkoperasi dan melayani masyarakat demi kesejahteraan bersama," ucapnya.
 
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang, Asdar Ibrahim yang turut menghadiri pembukaan kegiatan inipun menyampaikan tanggapannya. Ia menyebut perkembangan koperasi dengan berbagai unit usaha memang harus berjalan seimbang dan searah dengan program nasional serta pemerintah kota yang mendorong seluruh pelaku usaha mampu menjadi barometer pelaku ekonomi di daerah.
 
Sektor koperasi dan UKM nasional dari tahun ke tahun berkontribusi bagi pendapatan domestik. Jika secara bruto sebelumnya menyumbang 3,7 persen, saat ini capai 4,40 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa koperasi melalui sektor UKM atau unit usaha didalamnya berperan dalam pembangunan daerah.
 
Asdar mengatakan pelatihan ini sebagai bentuk dukungan Pupuk Kaltim terhadap misi Pemkot Bontang yaitu creative city atas perhatiannya terhadap pemberdayaan masyarakat berbasis sektor maritim melalui KJA Bontang Etam Maritim.
 
"Pemkot Bontang sangat mengapresiasi Pupuk Kaltim yang terus menerus menjembatani masyarakat melakukan inovasi dan terobosan-terobosan terkait pemberdayaan masyarakat untuk menggali potensi pendapatan," kesannya.(inforial)
Reporter : Darwin Tri Antoro    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0