23 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

KKN PPM UGM di Bontang Demi Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi


KKN PPM UGM di Bontang Demi Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Walikota Bontang, Neni Moernaeni berfoto bersama dengan mahasiswa KKN PPM UGM

KLIKBONTANG -- Perguruan tinggi di Indonesia memiliki tiga kewajiban yang wajib dijalankan atau dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun ketiga kewajiban itu meliputi: pendidikan; penelitian dan pengembangan; dan pengabdian masyarakat.

Tugas melakasanakan tri dharma perguruan tinggi, tidak dibebankan kepada dosen semata, namun juga oleh mahasiswa.Wujud nyata dan kerap publik saksikan dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakatnya yakni berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN).
 
Seperti halnya dilakukan mahasiswa KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Adapun bentuk pengabdian yang mereka lakukan ialah dengan melakukan aksi penanaman 75 pohon di Kelurahan Lok  Tuan, Kecamatan Bontang Utara. Atau tepatnya di sekitar halaman PDAM Lok Tuan pada Rabu (14/8/2019) pagi.
 
Lurah Lok Tuan, Muhammad Takwin menuturkan kegiatan ini merupakan satu langkah kecil dalam mewujudkan visi Pemkot menjadikan Bontang sebagai Green City, Kota Hijau.
 
Sebelum proker ini dihelat, terlebih dahulu mahasiswa KKN-PPN UGM melakukan konsultasi dengan kelurahan. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi persoalan, ataupun hal-ihwal yang hendak kelurahan kerjakan demi kebaikan dan perbaikan kualitas hidup publik.
 
"Sebenarnya sebelum proker dikerjakan. Terlebih dahulu mereka (Mahasiswa) konsultasi ke kelurahan. Jadi kami arakan supaya prokernya sejalan dengan visi misi Kota Bontang," beber M. Takwin dalam sambutannya.
 
Tak ketinggalan, Lurah Takwin atas nama masyarakat Kelurahan Lok Tuan berterima kasih dan memberikan apresiasi atas seluruh pengabdian yang telah mahasiswa lakukan. Menurutnya, kecil atau besar pengabdian itu tidaklah penting. Yang penting ialah, ketulusan mahasiwa dalam mengabdiakan diri kepada masyarakatnya.
 
"Terima kasih kami (Kelurahan Lok Tuan) ucapkan kepada seluruh mahasiswa KKN. Baik dari UGM atau UNMUL. Kami berterima kasih," ujarnya.
 
Sementara itu, Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni menuturkan hal senada. Ia katakan bahwa mahasiswa  KKN ini dititipkan universitas kepada Pemkot Bontang, untuk belajar mengaplikasikan bidang keilmuannya kepada masyarakat. Dalam bentuk pengabdian masyarakat yang beraneka ragam. Seperti advokasi dan pemberdayaan masyarakat; memberikan edukasi atau sosialisasi; serta penanaman pohon. Bagi Wali Kota Neni semua itu sangat berarti. Dan dirinya tak kurangnya dalam menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh mahasiswa KKN.
 
Ia hanya berpesan. Kelak bila mahasiswa telah menjadi sarjana, maka pengadian kepada masyarat justru harus semakin digencarkan. Sarjana harus mampu membimbing masyarakatnya ke arah kehidupan lebih baik.
 
"Tetap semangat. Semoga nanti kalau sudah sarjana, pengabdian kepada masyarakat tidak berhenti," pesannya.
 
Usai sambutan, Wali Kota Neni kemudian menanan beberapa pohon di sekitar PDAM Lok Tua. Dalam kegiatan ini, terdapat 75 aneka bibit pohon ditanam. Seperti pohon gaharu dan pohon buah-buahan. Lokasi penanaman pohon sendiri dilakukan di sekitar PDAM Lok Tuan. Menurut Lurah M. Takwin, pemilihan lokasi ini bukan tanpa sebab.
 
Lantaran kontur tanah di sekitar PDAM Lok Tuan yang bertebing dan mudah lonsor. Diharapkan bibit pohon ini dapat tumbuh subur menjadi pohon yang kuat dan dapat membendubng bencana tanah longsor. Ini juga menjadi pengingat dan simbol kepada masyarakat untuk setidaknya menanam 1-2 pohon di sekitar permukiman mereka.
Reporter : Fitri    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0