19 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Agus Haris Kaget, Partai Berkarya Ingin Gabung Dengan Gerindra


Agus Haris Kaget, Partai Berkarya Ingin Gabung Dengan Gerindra
Agus Haris, Ketua DPC Partai Gerindra

KLIKBONTANG -- Ketua DPC Gerindra Bontang, Agus Haris, angkat bicara perihal berlabuhnya Partai Berkarya ke gerbong mereka. Agus mengaku terkejut mendengar kabar pecah kongsi Fraksi Nasdem-Berkarya. Kekagetannya ini lantaran kedua partai tersebut baru saja mendeklarasikan diri ke publik sebagai satu fraksi.

"Tadi jam 9 (Senin,red) saya ditelpon pengurus Gerindra Kaltim. Pengurus Berkarya Bontang juga telepon saya. Kaget juga. Karena saya tahunya, Berkarya itu ke Nasdem," terangnya sebelum rapat paripurna perdana DPRD Bontang periode 2019-2024, Senin (19/8/2019) pagi.

Dia menjelaskan, surat pembentukan Fraksi Gerindra di parlemen Bontang, atas petunjuk DPD Gerindra Kaltim sudah terbit.

Pada dasarnya Partai DPC Gerindra Bontang terbuka menerima kehadiran Partai Berkarya dalam gerbong mereka. Hanya saja, karena surat pembentukan Fraksi Gerindra di parlemen Bontang, atas petunjuk DPD Gerindra Kaltim sudah terbit. Agus Haris terlebih dahulu meminta Partai Berkarya melampirkan surat secara resmi. Baik kepada DPC Gerindra, pun ke DPRD Bontang, bila mereka ingin bergabung dengan Fraksi Gerindra.

"Sudah mereka kirim ke Gerindra (Bontang). Diantarkan langsung Sekretaris Berkarya, Pak Suharto," terangnya.

Pria yang juga berkedudukan sebagai Ketua DPC Gerindra Bontang itu menambahkan, pengajuan secara resmi ini mesti dilakukan. Karena ia ingin menjaga hubungan baik antarpartai. Terpenting, pihaknya tak ingin dianggap merebut partai lain yang sudah tergabung dalam satu fraksi.

Lebih jauh dijelaskan, diterimanya Partai Berkarya masuk ke Fraksi Gerindra berlandaskan rasa kebersamaan. Karena partai yang berhasil mengirim satu wakilnya ke Bontang Lestari itu mengirim permintaan bergabung (bersurat) secara resmi.

Kendati kedua partai tergabung dalam satu gerbong kala mendukung Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019 lalu, kata Agus Haris itu sama sekali bukan pertimbangan.

"Enggak ada alasan spesifik. Mereka kirim bersurat mau bergabung. Kami terima dengan terbuka," ungkapnya.

Sebelum menyelesaikan penjelasannya, dia katakan bahwa dalam internal Partai Gerindra, pembentukan Fraksi di DPRD tingkat kota atau kabupaten sepenuhnya dikembalikan ke tingkat DPC (daerah).

Sebagai informasi. Pada Selasa (13/8/2019) pekan lalu. DPC Nasdem dan Berkarya Bontang menyatakan diri tergabung dalam satu fraksi. Dinamai Fraksi Nasdem-Berkarya. Raking dari Berkarya diangkat memegang pucuk pimpinan fraksi.

Hanya saja, di detik akhir. Tepatnya pada Senin (19/8/2019) sekira pukul 08.00 Wita. Fraksi yang baru berusia sepekan ini tiba-tiba bubar lantaran ada poin kesepakatan kedua pertai yang bertentangan dengan Peraturan Organisasi (PO) Partai Nasdem.

Saat ini, Nasdem memilih berlabuh dengan Fraksi Gollkar. Sementara Berkarya ke Fraksi Gerindra.

 

Reporter : Fitri     Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0