19 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tahun Ini Bontang City Carnival Absen, Ini Gantinya


Tahun Ini Bontang City Carnival Absen, Ini Gantinya
Kepala Seksi (Kasi) Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Nur Irwansyah. Kala disambangi di kantornya Kompleks Graha Taman Praja, Bontang Lestari, Bontang Selatan, Senin (9 /9 /2019) pagi.

KLIKBONTANG -- Bontang City Carnival (BCC) sudah menjadi agenda tahunan dalam menyemarakkan hari jadi Kota Bontang. Namun dalam HUT Bontang ke-20 di tahun 2019 ini, karnaval budaya yang menampilkan pakaian tradisional dan kendaraan hias itu dipastikan absen, alias tidak ada.
 
Kepastian soal absennya BCC tahun ini disampaikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) usai menghadiri rapat koordinasi persiapan HUT Bontang ke-20 yang dihelat belum lama ini. Rapat kala itu dipimpin Asisten I Pemkot Bontang, M Bahri pada Kamis (5/9/2019) lalu.
 
"Waktu rapat itu saya sudah bilang, tahun ini BCC tidak ada. Waktunya juga sudah mepet (memasuki minggu ke dua September) jadi besar kemungkinan tahun ini BCC tidak ada," beber Kepala Seksi (Kasi) Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Nur Irwansyah. Kala disambangi di kantornya Kompleks Graha Taman Praja, Bontang Lestari, Bontang Selatan, Senin (9 /9 /2019) pagi.
 
Dia katakan, dalam perayaan HUT Bontang tahun ini, Disdikbud Bontang tidak ikut ambil bagian lantaran, garapan Disdikbud, yakni BCC ditiadakan tahun ini.
 
Dia katakan, masih kurang tahu mengapa BCC tahun ini tak bisa dihelat. Namun kabarnya, besar kemungkinan lantaran ketiadaan dana. Sejatinya bukan hanya BCC absen dalam semarak HUT Bontang tahun ini, pun Bontang City Expo garapan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Bontang.
 
"Saya kurang tahu kenapa tidak bisa diselenggarakan. Kemungkinan karena dana (tidak ada). Biasa BCC kan masuk dalam anggaran murni, tapi tahun ini memang tidak ada," urainya.
 
Kendati BCC dan Bontang City Expo tak ada, ia pastikan perayaan hari jadi Bontang ke-20 tahun ini tetap semarak. Sebagai gantinya, Pemkot Bontang melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) akan menggelar pekan budaya. Dihelat 6 hari, mulai 14-20 Oktober 2019 mendatang.
 
Dalam acara 6 hari itu, ada beragam kegiatan. Diantaranya seminar atau talkshow pariwisata; pentas seni dan budaya nusantara; pameran kuliner dan UMKM; dan rekor muri rumput laut.
 
"Kurang lebih begitu rangkaiannya. Rekor Muri rumput itu puncaknya," bebernya.
 
Nur Irwansyah menuturkan untuk HUT Bontang tahun ini leading sektornya ada
di Dispopar Bontang.
 
"Leading sektor untuk Pekan Budaya ada di Diaporapar. Mungkin untuk teknisnya bisa ditanya di sana saja," kata Nur Irwansyah.
 
Sebagai informasi, BCC pertama kali digagas pada 2012 lalu oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Bontang kala itu, Yulianti Nur.
 
BCC  memiliki visi menwujudkan Bontang sebagai kota karnaval modern ditingkat Kalimantan pada khususnya dan tingkat nasional pada umumnya.
Serta memiliki misi meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Bontang menjadi lebih kreatif dan meningkatkan perekonomian daerah.
 
Sejak 2012, BCC dihelat tiap bulan Oktober, bertepatan dengan bulan lahirnya Kota Bontang. Sementara tema karnaval tiap tahunnya berbeda, namun pada dasarnya melalui BCC, ingin ditunjukkan pada publik bahwa Bontang adalah kota yang heterogen, beragam. Namun demikian, keragaman itu menjadi satu aset, kekayaan yang dimiliki kota ini.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0