16 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Polres Bontang Panggil 3 Saksi Terkait Karhutla di Bontang


Polres Bontang Panggil 3 Saksi Terkait Karhutla di Bontang
Kasubag Humas Polres Bontang, Iptu Suoyono memberi keterangan perihal tindak lanjut pelaku karhutla di Bontang

KLIKBONTANG -- Polres Bontang mulai memburu keberadaan pelaku kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang belakangan marak di Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).
 
Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti melalui Kasubbag Humas Iptu Suyono menuturkan, hingga kini polres telah melakukan pemanggilan terhadap tiga orang saksi. Guna memberi keterangan perihal sumber api, dan kapan kali pertama melihat keberadaan api.
 
Ketiga saksi merupakan warga sekitar, yang diketahui bermukim tak jauh dari lokasi karhutla. Mereka adalah penghuni yang lahir dan besar di Kelurahan Bontang Lestari (Bonles), Kecamatan Bontang Selatan.
 
"Kita lakukan pemanggilan tiga saksi. Mereka kami mintai keterangan. Seorang sudah datang, dua lainnya (saksi) rencana datang hari ini (Rabu, red)," ujar Iptu Suyono kala ditemui di Makopolres Bontang, Jalan Bhayangkara, Kelurahan Guntung Elai, Kecamatan Bontang Utara, Rabu (18/9/2019) siang.
 
Dari seorang saksi itu, diperoleh keterangan bahwa saksi tak mengetahui persis kapan api mulai hadir, dan dimana titik awalnya. Tahu-tahu, kala saksi menijau lokasi karhutla, api sudah membesar, dan merembet kemana-mana.
 
"Ada satu saksi uda kami mintai keterangan. Dia masih kuranh tau sebab dan sumber api. Tahu-tahu, uda terbakar aja lahan itu pas dia datang," urai Iptu Suyono.
 
Hingga kini Polres Bontang masih melakukan pengembangan terkait masalah karhutla yang terjadi di Bontang. Di lokasi kerjadian sendiri,  sudah dipasang spanduk peringatan bahwa lokasi (Karhutla) sedang dalam monitoring pihak berwajib.
 
Terkait luasan lahan yang habis akibat jilatan api. Iptu Suyono mengaku pihaknya belum mengetahui persis. Mengingat untuk melakukan pengukuran tersebut, mesti melibatkan pihak atau ahli lainnya. Saat ini pihaknya masih dalam tahap pemetaan dimana saja lokasi karhutla di Bontang. Pun mencari tahu, siapa pemilik lahan lokasi karhutla. Milik perusahaan, pemerintah (Hutan lindung) atau perorangan.
 
Iptu Suyono mengingatkan, warga harus lebih berhati-hati kala melakukan aktivitas di hutan atau lahan. Mengingat saat ini Bontang memasuki musim kemarau. Akan sangat mudah memantik api.
 
Dia mengingatkan, siapapun yang terbukti secara sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan, hingga menyebabkan kerugian luas kepada masyarakat. Polres Bontang berjanji menindak tegas.
 
"Kami (Polres Bontang) berjanji akan menindak tegas pelaku karhutla," tegasnya.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0